Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Remediasi Miskonsepsi Materi Listrik Arus Searah di SMA
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v13i3.16844Keywords:
Problem Based Learning, Differentiated Instruction , Misconceptions, Remediation, Direct Current ElectricityAbstract
Model Problem Based Learning dengan pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk mengetahui efektif remediasi miskonsepsi pada materi listrik arus searah di SMA Negeri 3 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan bentuk penelitian berupa pre-experimental design dengan rancangan One Group Pre-Test Post-Test Design dengan melibatkan 36 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan miskonsepsi peserta didik dengan rata – rata persentase sebesar 30%. Perubahan miskonsepsi tiap butir soal menggunakan Uji McNemar didapatkan nilai x2hitung dari 8 soal berturut -turut soal (4,2;19; 12; 7,6; 7,1; 1,5; 12; 3,2) maka terjadi penurunan miskonsepsi yang signifikan pada 6 soal dan tidak signifikan pada 2 soal, dengan efektivitas sebesar 0,62 dengan kategori tergolong sedang.