Analisis Model Mental Mahasiswa tentang Struktur Atom: Perspektif untuk Penentuan Strategi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v14i1.22346Keywords:
Mental model, Atomic Structure, Learning Strategies, Qualitative Descriptive, Quantum MechanicsAbstract
Pemahaman mahasiswa tentang struktur atom dipengaruhi oleh model mental yang mereka bentuk berdasarkan pengalaman belajar. Model mental ini beragam dan tidak selalu sesuai dengan konsep ilmiah yang diharapkan. Penelitian ini mendeskripsikan model mental mahasiswa tentang struktur atom serta implikasinya terhadap strategi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tes diagnostik two-tier dan wawancara klinis. Hasil menunjukkan bahwa model mental mahasiswa terbagi menjadi tiga kategori: mekanika kuantum (sesuai konsep ilmiah modern), intermediet (kombinasi teori klasik dan kuantum), dan klasik (berbasis model Bohr dan Rutherford). Faktor yang memengaruhi model mental ini meliputi pengalaman belajar, penggunaan analogi, dan pemahaman konsep abstrak. Strategi pembelajaran berbasis eksplorasi dan interaktif direkomendasikan untuk membantu mahasiswa membangun model mental yang lebih ilmiah.