Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Simulasi PhET dengan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) pada Pembelajaran Fisika Dasar II

Authors

  • Enesty Herdiyanti Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author
  • M. Aryono Adhi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v14i1.24169

Keywords:

PhET, UTAUT, SEMPLS

Abstract

Pentingnya mengutamakan pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Proses pembelajaran pada bidang pendidikan selalu berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran secara konvensional membuat mahasiswa kurang memahami konsep fisika dasar. Salah satu alternatif yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran secara digital yaitu PhET. Berdasarkan wawancara dengan dosen fisika, penggunaan media simulasi PhET masih belum maksimal dan mahasiswa belum memahami dasar-dasar serta mengaplikasikan penggunaan PhET yang disebabkan beberapa faktor. Dengan demikian, salah satu pendekatan teori yang dapat memahami dan menganalisis penggunaan teknologi yaitu menggunakan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas terhadap perilaku penggunaan dalam menggunakan media pembelajaran simulasi PhET. Penelitian analisis penggunaan media PhET dengan model UTAUT menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden penelitian ini sebanyak 23 mahasiswa fisika rombongan belajar B Universitas Negeri Semarang angkatan 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengumpulan data survei dengan menggunakan instrumen angket yaitu google form. Metode analisis data menggunakan PLS-SEM dengan aplikasi pengolah data yaitu menggunakan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kondisi fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan dalam menggunakan media pembelajaran simulasi PhET. Sementara ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan dalam menggunakan media pembelajaran simulasi PhET.

Downloads

Published

2025-04-30

Article ID

24169

Issue

Section

Research Articles