Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif menggunakan Canva pada Materi Energi untuk Peserta Didik Tunarungu

Authors

  • Amalia Fauziah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author
  • Ani Rusilowati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v14i1.24172

Keywords:

Canva, Deaf, Effect Size, Energy Topics, Teaching materials

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital interaktif menggunakan Canva pada materi energi untuk peserta didik tunarungu yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek pada penelitian ini yaitu 5 peserta didik kelas XI Tunarungu di SLB Negeri Semarang pada tahun ajaran 2024/2025. Pengembangan bahan ajar digital interaktif menggunakan Canva ini menyesuaikan kondisi anak tunarungu dengan karakteristik yang didasarkan pada konten visual dan bersifat interaktif. Hasil kevalidan dari bahan ajar diperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori valid dan hasil kepraktisan diperoleh persentase sebesar 82% oleh guru dan 79% oleh peserta didik dengan kategori praktis. Keefektifan dari bahan ajar yang dianalisis menggunakan effect size memperoleh nilai sebesar 1,78 dengan kategori very large effect. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital interaktif menggunakan Canva pada materi Energi layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik tunarungu dan memiliki efek yang sangat besar (very large effect) yang ditimbulkan pada hasil belajar peserta didik tunarungu.

Downloads

Published

2025-04-30

Article ID

24172

Issue

Section

Research Articles