Analisis Matematis Alat Peraga Efek Magnus dan Penerapannya untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Mahasiswa

Authors

  • Frisca Lutfi Arfiah Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author
  • Listiyanto Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author
  • Suharto Linuwih Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v14i1.25377

Keywords:

Fenomena Efek Magnus, Kualitas Pemahaman, Penerapan Prinsip Bernoulli

Abstract

Efek Magnus merupakan fenomena munculnya gaya pada benda berspin yang bergerak di dalam fluida. Meskipun fenomena ini sangat menarik dan telah terdapat beberapa eksperimen yang dilakukan, penjelasan fisika secara rinci masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis terkait fenomena efek Magnus menggunakan konsep fisika sederhana berupa prinsip Bernoulli dan menguji tingkat pemahaman mahasiswa mengenai analisis tersebut. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa pemahaman mahasiswa kelas Fisika Dasar 1 sebesar 43,68%, sedangkan persentase pemahaman Fluida Dinamis terkait interpretasi analisis matematis di kelas Metematika untuk Fisika 2 sebesar 28,60%. Faktor yang mempengaruhi hasil persentase tersebut diantaranya yaitu terjadi miskonsepsi pada mahasiswa, STM (Short Term Memory), LTM (Long Term Memory) dan tidak adanya kemauan mahasiswa untuk memecahkan masalah yang diberikan.

Downloads

Published

2025-05-20

Article ID

25377

Issue

Section

Research Articles