Analisis Matematis Alat Peraga Efek Magnus dan Penerapannya untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v14i1.25377Keywords:
Fenomena Efek Magnus, Kualitas Pemahaman, Penerapan Prinsip BernoulliAbstract
Efek Magnus merupakan fenomena munculnya gaya pada benda berspin yang bergerak di dalam fluida. Meskipun fenomena ini sangat menarik dan telah terdapat beberapa eksperimen yang dilakukan, penjelasan fisika secara rinci masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis terkait fenomena efek Magnus menggunakan konsep fisika sederhana berupa prinsip Bernoulli dan menguji tingkat pemahaman mahasiswa mengenai analisis tersebut. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa pemahaman mahasiswa kelas Fisika Dasar 1 sebesar 43,68%, sedangkan persentase pemahaman Fluida Dinamis terkait interpretasi analisis matematis di kelas Metematika untuk Fisika 2 sebesar 28,60%. Faktor yang mempengaruhi hasil persentase tersebut diantaranya yaitu terjadi miskonsepsi pada mahasiswa, STM (Short Term Memory), LTM (Long Term Memory) dan tidak adanya kemauan mahasiswa untuk memecahkan masalah yang diberikan.