Analisis Kepedulian Lingkungan Siswa SMA di Sekolah Program Adiwiyata

Authors

  • Winda Hastuti Widyaningrum Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang Author
  • Langlang Handayani Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang Author
  • Sarwi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v13i2.8004

Keywords:

Adiwiyata Program, Environmental Concern

Abstract

Generasi muda berperan penting dalam keberlanjutan lingkungan hidup. Pembiasaan kepedulian lingkungan sejak dini membantu membentuk pemahaman yang mendalam tentang pentingnya menjaga alam. Melalui pendidikan dapat mengembangkan kesadaran siswa terhadap lingkungan. Program sekolah Adiwiyata menjadi salah satu upaya pemerintah dalam bidang pendidikan untuk mendukung pembiasaan kepedulian lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepedulian lingkungan siswa SMA Negeri 42 Jakarta yang menerapkan program sekolah Adiwiyata. Penelitian menggunakan jenis metode deskriptif kuantitatif dengan sampel 68 siswa kelas X. Kepedulian lingkungan siswa diuji menggunakan angket skala likert berjumlah 20 pernyataan. Indikator pernyataan diambil dari komponen skala NEP (New Ecological Paradigm). Hasil angket kepedulian lingkungan menunjukkan bahwa rata-rata siswa SMA Negeri 42 Jakarta memiliki kepedulian lingkungan yang sedang dan masih terdapat beberapa siswa memiliki kepedulian lingkungan yang rendah.

Downloads

Article ID

8004

Published

2024-10-20

Issue

Section

Research Articles