Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sutojayan Kabupaten Blitar

Authors

  • Candrasa Sesareza Kisna Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Suharto Linuwih Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v13i1.8621

Keywords:

Mobile Learning, Android Apps, Temperature, Calories

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi media pembelajaran mobile learning berbasis andorid yang dikembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile learning berbasis andorid yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan medote angket dan metode skala. Hasil analisis menunjukkan bahwa deskripsi dari aplikasi media pembelajaran dilihat dari bentuk tampilannya yaitu media pembelajaran yang dikembangkan memiliki beberapa komponen antara lain halaman awal aplikasi yaitu cover, halaman menu utama yang berisi informasi mengenai contoh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, menu komptensi dasar dan kompetensi inti, menu peta konsep, menu materi, menu latihan soal, menu vidio pembelajaran, dan menu petunjuk. Pada setiap materi yang disajikan memiliki contoh soal untuk mempermudah pengguna dalam menerapkan rumus. Pada bagian evaluasi atau latihan soal disajikan sepuluh butir soal teori pilihan ganda acak diserta skor dan pembahasan pada akhir halaman untuk menarik minat peserta didik dalam memahami materi suhu dan kalor. Berdasarkan uji kelayakan yang dilakukan oleh validator ahli mengenai hasil uji kelayakan pada aspek rekayasa perangkat lunak mendapatkan persentase sebesar 91%, dengan kategori sangat layak, hasil uji kelayakan Komunikasi visual mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji kelayakan pada aspek desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak

Downloads

Published

2024-04-29

Article ID

8621

Issue

Section

Research Articles