Pengembangan Modul Praktikum Listrik Dinamis Arus Searah Berbasis Tinkercad
DOI:
https://doi.org/10.15294/upej.v13i1.8629Keywords:
Dynamic Electricity, Module, Tinkercad, Virtual LaboratoryAbstract
Pembelajaran di sekolah lebih sering menggunakan cara secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah, penggunaan pembelajaran menggunakan metode ceramah terlalu berorientasi kepada guru dan bukan kepada peserta didik, sehingga penggunaan metode praktikum dapat digunakan karena berorientasi kepada peserta didik. Maka praktikum dapat menggunakan virtual laboratorium sebagai media untuk membantu praktikum. Maka untuk memudahkan kegiatan praktikum peneliti berinisiatif untuk membuat modul praktikum laboratorium virtual menggunakan Tinkercad untuk materi listrik dinamis arus searah. Metode penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Researh and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA eknik pengumpulan data adalah menggunakan validasi modul, tes, serta kuesioner. Proses pengembangan modul ini dilaksanakan menggunakan pengembangan ADDIE, Tahap analysis meliputi menganalisis kebutuhan dan merancang modul, serta materi. Tahap design meliputi pembuatan kerangka modul, Tahap development meliputi pengembangan modul, validasi ahli serta perbaikan. Tahap implementation meliputi uji coba modul kepada peserta didik. Tahap Evaluation meliputi analisis validitas, dan kepraktisan. Modul ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan uji N-gain disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan Tinkercad dan Modul praktikum dapat secara cukup efektif pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji kepraktisan disimpulkan bahwa penggunaan modul praktikum secara praktis dan layak untuk digunakan.