Kemampuan Literasi Sains Siswa SMAN 3 Pekalongan pada Aspek Kompetensi Materi Radioaktivitas

Authors

  • Dzaky Hammam Arofi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Pratiwi Dwijananti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v13i1.8634

Keywords:

Interest in Learning, Radioactivity, Scientific Literacy

Abstract

Kemampuan literasi sains sangat penting di era industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa SMAN 3 Pekalongan pada aspek kompetensi materi radioaktivitas dan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan mixed method sequential explanatory yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA kelas XII semester 2 sebanyak 70 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes berbasis literasi sains pada aspek kompetensi, angket minat belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada aspek kompetensi berada pada kategori ‘kurang sekali’ sedangkan rata-rata minat belajar siswa berada kategori ‘sedang’. Hasil uji korelasi antara minat belajar dan kemampuan literasi sains menujukan hubungan yang ‘rendah’.

Downloads

Published

2024-04-29

Article ID

8634

Issue

Section

Research Articles