Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Menggunakan Instrumen Three Tier Multiple Choice Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Authors

  • Dwi Indah Pangesti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Masturi Masturi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v13i1.8635

Keywords:

Dynamic Rotation, Rigid Body, High Order Thinking Skills, Three Tier Multiple Choice

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA di Kabupaten Berau pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar dengan menggunakan instrumen three tier multiple choice. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes three tier multiple choice dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Berau, SMA Negeri 4 Berau, dan SMA Negeri 7 Berau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument yang dikembangkan dari segi validitas isi dinyatakan sangat layak, Profil keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA di Kabupaten Berau tergolong sangat rendah dengan rata- rata sebesar 6,065 dan berdasarkan aspek HOTS menunjukkan persentase rata-rata, yaitu aspek menganalisa (C4) sebesar 3,93%, aspek mengevaluasi (C5) sebesar 7,64 %, dan aspek mencipta sebesar 13,01%.

Downloads

Published

2024-04-30

Article ID

8635

Issue

Section

Research Articles