Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan

Authors

  • Aditya Yuliananto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author
  • Bambang Subali Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/upej.v13i1.8637

Keywords:

Collision, Impulse, Learning Media, Momentum, Scratch

Abstract

Momentum merupakan besaran fisika yang abstrak sehingga membuat peserta didik kurang memahami konsep momentum dalam fisika. Media pembelajaran berbasis Scratch dapat dijadikan salah satu solusi untuk menjelaskan konsep momentum beserta materi turunannya seperti impuls dan tumbukan. Media pembelajaran juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik yang merupakan solusi dari permasalahan dalam pembelajaran fisika yaitu kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan menguji respon serta tingkat pemahaman konsep momentum, impuls, dan tumbukan mahasiswa terhadap media pembelajaran berupa permainan berbasis Scratch. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini adalah telah dikembangkan media pembelajaran Berbasis Scratch Materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan.  Respon mahasiswa setelah diterapkan media pembelajaran sebesar 87,67% dalam kategori sangat baik.  Hasil T Paired Tes menunjukkan bahawa terjadi peningkatan signifikan pemahaman konsep momentum, impuls, dan tumbukan pada mahasiswa.

Downloads

Published

2024-04-29

Article ID

8637

Issue

Section

Research Articles