Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Permainan Petak Umpet pada Siswa Kelas VIIB Semester Genap SMP Negeri 2 Wedarijaksa Tahun Pelajaran 2016/2017

Uswatul Muzayanah(1),


(1) SMPN 2 Wadarijaksa

Abstract

Mata Pelajaran IPS mengharuskan siswa belajar secara aktif, kreatif, inovatif, memiliki rasa ingin tahu, bekerja sama dan berkompetisi sehingga siswa mampu memecahkan masalah dan peka terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar siswa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan metode-metode pembelajaran dapat mengaktifkan siswa baik secara fisik maupun psikisnya. Namun kenyataannya keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah karena kurangnya metode pembelajaran yang mampu mewujudkan tujuan tersebut. Hal ini terlihat dari hasil belajar  siswa kelas VII B semester genap SMP Negeri 2 Wedarijaksa terhadap mata pelajaran IPS hanya sebesar 38% siswa yang sudah mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran permainan petak umpet untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Wedarijaksa. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa hanya ada 38% siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam hasil belajar dan setelah diadakan tindakan dengan pembelajaran permainan Petak Umpet, keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Jika dilihat nilainya, keaktifan siswa mengalami peningkatan secara berurutan: 71 - 78. Nilai rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan berturut-turut: 67, 74 dan 84. Dari ketuntasannya terjadi peningkatan jumlah siswa yang tetah mencapai ketuntasan yaitu secara berurutan 38%, 62%, dan  86% dan  sebaliknya terjadi penurunan jumlah siswa yang belum tuntas berurutan 62%, 38%, dan 14%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran permainan Petak Umpet dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa (2) hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Wedarijaksa pada siswa kelas VII-B tahun pelajaran 2016/2017 dapat ditingkatkan melaluai pembelajaran permainan Petak Umpet.

Keywords

Keaktifan; Hasil Belajar; Petak Umpet

Full Text:

PDF

References

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Anggraini, Dewi. (2014). Penerapan Strategi Petak Umpet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Arnie Fajar. (2004). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Asrori, Muhammad. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY.

Isjoni, H. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi. Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni, H. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABETA.

Martinis, Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Dr. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, M. Ngalim. (2007). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunasih, Ririn. (2014). Implementasi Pembelajaran Permainan Petak Umpet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Imogiri Tahun Ajaran 2013/2014.

Sari, Denis Purnama. Rustanto Rahardi. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri1 Turen pada Pokok Bahasan Turunan dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT). Universitas Negeri Malang.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka. Cipta.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono. Agus. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Refbacks





Copyright (c) 2017 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats