VALIDITAS KRITERIA TES POTENSI AKADEMIK UNJA (CRITERION RELATED VALIDITY OF TPA UNJA)
(1) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas TPA UNJA dengan variabel kriteria lainnya. Sebagai
alat ukur kognitif potensial, TPA UNJA harus memiliki hubungan dengan kriteria yang menjadi
variabel prediksinya. Teknik sampling yang digunakan adalah non-random sampling. Subjek dalam
penelitian ini merupakan siswa dan mahasiswa yang mendapatkan tes seleksi, penempatan kelas, dan
penjurusan kuliah oleh peneliti. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif antara TPA
UNJA dan SPM dengan koefisien korelasi rxy 0,638 (p=0,000; p<0,01; N=210), serta antara TPA
UNJA dan komponen Sains dan Teknologi pada Tes Minat Indonesia dengan rxy 0,112 (p=0,015;
p<0,05; N=243). Hasil korelasi Skor TPA UNJA dengan Skala Sikap terhadap Pelajaran menunjukkan
hubungan yang positif dengan Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Biologi; menunjukkan hubungan
yang negatif dengan Bahasa Indonesia, PKN, Sosiologi, dan Sejarah; sedangkan tidak berkorelasi
dengan Agama, Fisika, Ekonomi, Geografi dengan nilai p<0,05; N=256. Berdasarkan pendidikan
orangtua, TPA UNJA memiliki hubungan positif dengan pendidikan ibu dengan rxy 0,312 dan ayah
dengan rxy 0,205 (p=0,000; p<0,01; N=285). TPA UNJA memiliki hubungan yang positif dengan nilai
UN Pusat (p<0,05: N=103); Matematika rxy 0,237; Bahasa Indonesia rxy 0,322 dan Bahasa Inggris rxy
0,200, namun tidak terdapat hubungan dengan nilai UN Fisika, Kimia dan Biologi. Penelitian
selanjutkan melakukan validitas prediktif dengan prestasi belajar, lama studi maupun kepuasan belajar.
Â
Abstract.Â
The purpose of this study to examine TPA UNJA with other variables. As a potential cognitive
measurement, TPA UNJA must have a correlation with the criteria that would be predicted. Sampling
technique used non-random sampling. Research subjects were students and university students who got
selection test, class placement, and majors college by researchers. The results of this research showed
that there was a positive correlation between TPA UNJA and SPM with correlation coefficient r¬xy
0.638 (p=0.000, p<0.01; N=210), and between TPA UNJA with component Science and Technology of
Indonesian Interest Test with r¬xy 0.112 (p = 0.015; p<0.05; N=243). Correlation between TPA UNJA
with Attitude Scale to Lesson showed positive correlation toward English, Mathematics, Chemistry,
Biology; There was a negative correlation to Indonesian, PKN, Sociology, and History lessons; and no
correlation with Religion, Physics, Economics, Geography with value of p<0.05; N=256. Based on
parental education, TPA UNJA had a positive correlation with mother education r¬xy=0.312 and
father r¬xy=0.205 (p=0.000; p<0.01; N=103). TPA UNJA had a positive correlation with national
examination score (p<0.05; N=103); Mathematics r¬xy=0.237; Indonesian r¬xy=0.322 and English
r¬xy=0.200, but there was no correlation with Physics, Chemistry, and Biology. TPA UNJA was
supported by various external criteria, so it had a high level of validity. The next research to conduct
predictive validity with GPA, length of study and learning satisfaction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2012). Sikap manusia: teori dan
pengukurannya. Pustaka Pelajar:
Yogyakarta.
Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Pustaka
Pelajar: Yogyakarta.
Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas.
Ed. Ke-4. Pustaka Pelajar:
Yogyakarta.
Azwar, S. (2013). Tes prestasi: Fungsi dan
pengukuran prestasi belajar. Pustaka
Pelajar: Yogyakarta.
Azwar, S. (2014). Dasar-dasar psikometika.
Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Azwar, S. (2014). Konstruksi tes kemampuan
kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Penyusunan skala
psikologi. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Dedeh, S., Darsono, L., & Husin, W., (2013).
Kriteria seleksi masuk Fakultas
Kedokteran sebagai prediktor prestasi
akademik. Jurnal Pendidikan
Kedokteran Indonesia, 2 (2), 109-115.
Fitri, A. D., Istarini, A., & Periantalo, J.
(2014). Sikap mahasiswa pendidikan
dokter angkatan 2013 universitas
jambi terhadap pelajaran matematika
dan sains. The Jambi Medical Journal
(2) 56-76.
Hadi, S. (2015). Metodologi riset.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, S. (2015). Statistika. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Kurpius, S. E. R., & Stafford, M.E. (2006).
Testing and measurement: a userfriendly
guide. California: Thousand
Oaks.
Periantalo, J., dkk. (2013, 2014, 2015, 2016).
Laporan Tes Psikologi untuk
Penjurusan Kuliah. Good and Great
Consultant, Jambi.
Periantalo, J., dkk. (2013, 2014, 2015, 2016).
Laporan Tes Psikologi Seleksi
Mahasiswa Baru Fakultas
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Universitas Jambi. Universitas Jambi,
Jambi.
Periantalo, J. (2014). Pengembangan tes
minat Indonesia sebagai upayapengembangan potensi diri generasi
muda Indonesia. Paper Presentation.
Psychological Festival Fakultas
Psikologi Universitas Airlangga. 21
dan 22 Nopember 2014.
Periantalo, J. (2015). Penyusunan skala
psikologi: Asyk, mudah dan
bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Periantalo, J. (2015). Validitas alat ukur
psikologi: Applikasi praktis.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Periantalo, J., & Fadzlul. (2016). Uji Validitas
Konstrak Tes Minat Indonesia melalui
Minat Ilmu Kesehatan. Paper
Presentation. Kolokium Ap2pti
XXVI. Yogyarkta, 14 April 2016.
Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif
untuk psikologi. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Periantalo, J. & Fadzlul (2016). Penyusunan
skala sikap terhadap pelajaran dasar.
Penelitian Universitas Jambi Seri
Humaniora, 18 (1), 23-33.
Periantalo, J. (2017). Propertis psikometris
skala sikap terhadap pelajaran sosial
humaniora. Jurnal Ilmu Perilaku 1
(2), 98-109.
Periantalo, J. (2017). Statistika dasar untuk
psikologi. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Periantalo, J., Fadzlul, & Saputra, N. (2014).
Konstruksi skala sikap terhadap
pelajaran Matematika dan Sains.
Jurnal Edu Sains Universitas Jambi,
(2), 36-45.
Periantalo, J. (2017). Uji validitas konstrak
Tes Minat Indonesia melalui aspek
minat ilmu psikis. Psycho Idea 15 (1),
-17.
Periantalo, J. (2018). Uji validitas konstrak
Tes Minat Indonesia melalui
komponen minat kesehatan. Psycho
Idea 16 (1), 39-50.
Raudah, S., & Periantalo, J. (2017).
Penyusunan Norma Tes Potensi
Akademik Unja untuk kelompok
mahasiswa. Jurnal Psikologi Jambi 2,
(1), 10-16.
Supratiknya. (2014). Pengukuran psikologi.
Yogykarta: Sanata Dharma.
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N.
(2010). Psikologi eksperimen. Jakarta:
Indeks.
Suryabrata, S. (2004). Penyusunan alat ukur
Psikologi. Penerbit Andi: Yogyakarta.
Sumintoro, B., & Widhiarso, W. (2015).
Applikasi Rasch model untuk penelitian
ilmu-ilmu sosial. Bandung: Trim
Komunikata.
Urbina, S. (2004). Essential of psychological
testing. Hoboken: John Wiley & Sons.
Widhiarso, W. (2010). Validitas Konstrak:
Handout Mata Kuliah Psikometri.
Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.