Studi Kasus Regulasi Diri Guru Sekolah Dasar Alam Muhammadyah Banjarbaru dalam Mempersiapkan Pengelolaan Kelas
(1) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Negeri Islam Antasari
(2) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Negeri Islam Antasari
(3) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Negeri Islam Antasari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi diri guru sekolah alam Muhammadyah dalam mempersiapkan pengelolaan kelas. Terdapat 3 subjek dalam penelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan hasil yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpenuhinya segala aspek regulasi diri guru Sekolah Dasar Alam Muhammadyah Banjarbaru yang dapat meningkatkan persiapan pengelolaan kelas sehingga tercapainya tujuan dari proses belajar mengajar di kelas.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmar, D. S. (2016). The relationship between self regulation with creative thinking ability of students in chemistry class XI IPA at Takalar. Jurnal Sainsmat¸5 (1), 7-23.
Alfiana, A. D. (2013). Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau dari Keikutsertaan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01 (02), 245-259.
Djamarah, S. B. & Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Made, Pidarta. (1997). Landasan kependidikan: Stimulus Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Masnur, Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Neuman, W. L. (2007). Basic Of Social Research: Qualitative An Quantitative Approaches. Boston: Pearson Education, Inc.
Papalia, old. (2001). Perkembangan Pada Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Ropp, M. (1998) A New approach to supporting reflective self regulated Learning computer learning http://ott.educ.msu.edu/tec/R&D/SITE98/site98ropp.htm (diakses tanggal 23 Februari 2015).
Sa’diyah, C., & Sukayanti. (2011). Pengelolaan Kelas dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Modul Matematika SD Program BERMUTU. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CB0QFjAA&url=http%3A%2F%2Fp4tkmatematika.org%2Ffile%2FBermutu%25202011%2FSD%2F16.PENGELOLAAN%2520KELAS%2520DAN%2520PENERAPANNYA%2520DALAM%2520....pdf&ei=fRENVbywAoa6uAT8gYKgBg&usg=AFQjCNHBDSe018DBrDLPlPn5Pyl5GPrC6g&sig2=nhf1Oz8FqkM1I9NWt0iBHQ (diakses pada tanggal 23 Februari 2015).
Weiten, Wayne, dkk. (2009). Psychology Applied to Modern Life Adjustment in the 21st Century, ninth Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.