SELF ESTEEM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

Satrio Budi Wibowo(1), Siti Nurlaila(2),


(1) FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung
(2) FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung

Abstract

Sebagaimana pada anak normal se-usia, ABK memiliki tugas perkembangan untuk berusaha mendapatkan jawaban mengenai siapa dirinya, dengan cara membandingkan dirinya dengan anak lain. Sayangnya, ABK memiliki berbagai kekurangan dibanding anak normal, perbandingan yang dilakukan terkadang membuat self-esteem nya menjadi negatif (Mulholand, 2008). Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan akademik berhubungan dengan self- esteem (Black, 1974; Rogers, Smith, & Coleman, 1978). Self-esteem menjadi salah satu faktor penting bagi keberhasilan perkembangan anak. Sehingga penting untuk melihat faktor yang dapat mempengaruhi self-esteem pada ABK. Penelitian ini akan dilakukan pada Sekolah Dasar (SD) Inklusi dan Sekolah Menengah (SMP) Inklusi yang ditunjuk oleh dinas pendidikan Kota Metro. Terdapat 5 SD dan 3 SMP yang ditetapkan sebagai sekolah inklusi. Subyek penelitian adalah siswa SD inklusi dan SMP inklusi yang dideteksi sebagai ABK oleh guru, serta memiliki kemampuan untuk memahami pertanyaan dengan baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa stigma negatif (diskriminasi dan penolakan) tidak memberikan pengaruh langsung terhadap self-esteem ABK (estimate = 0,063, C.R = 0,280, p > 0,05). Stigma negatif baru memberikan pengaruh terhadap self-esteem ABK, jika setelah ABK mendapatkan stigma negatif dari temannya, direspon dengan afek negatif/ perasaan negatif oleh ABK (Stigma --> Afek, estimate = 0,725, C.R = 5,351, p < 0,001, dan Afek --> Self Esteem, estimate = 0,596, C.R = 3,018, p < 0,01), atau ABK percaya (belief) terhadap stigma negatif yang ditujukan pada nya (Stigma --> Belief, estimate = 0,558, C.R = 5,430, p Self Esteem, estimate = 0,285, C.R = 2,755, p < 0,01).

As in normal children suit, child with special need (ABK) has a developmental task for trying to get an answer as to who he was, by comparing himself with other children. Unfortunately, ABK has various drawbacks compared to normal children, sometimes make self-esteem becomes negative (Mulholand, 2008). Results of previous studies show that the academic skills related to self-esteem (Black, 1974; Rogers, Smith, & Coleman, 1978). Self-esteem is becoming an important factor for the success of a child’s development. So it is important to look at the factors that can affect self-esteem at ABK. The research will be conducted on elementary school (SD) Inclusion and Junior oHigh School (SMP) Inclusion appointed by the education department of Metro City. There are five elementary schools and 3 junior high schools are designated as inclusion. Subjects were students of elementary and junior inclusion are detected as ABK by teachers, as well as having the ability to understand the questions properly. The results showed that the negative stigma (discrimination and rejection) does not give a direct influence on self-esteem ABK (estimate = 0.063, CR = 0.280, p> 0.05). Stigma give negative influence on self-esteem ABK, if after ABK get negative stigma of his friend, responded with negative affective / negative feelings by ABK (stigma -> Afek, estimate = 0.725, CR = 5.351, p Self Esteem, estimate = 0.596, CR = 3.018, p Belief, estimate = 0.558, CR = 5.430, p Self Esteem, estimate = 0.285, CR = 2.755, p <0.01).

Keywords

Child With Special Need, Self-Esteem, Social Psychological Attitudes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.