PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGATIF PADA MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BERBASIS WACANA LINGKUNGAN HIDUP

Muh Soleh(1),


(1) 

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif investigative dalammeningkatkan kepedulian mahasiswa geografi terhadap lingkungan hidup. Untuk itu pendekatan yang digunakanadalah pendekatan kualitatif yang didukung juga oleh data kuantitatif. Implementasi pembelajaran kooperatif investigativepada mata kuliah Geografi Sosial telah dilaksanakan melalui tahap-tahap pembelajaran yang ditandai: a)adanya pembagian kelompok dengan tugas yang berbeda, b) anggota kelompok terdiri dari mahasiswa yang beragam,c) kemampuan anggota dalam satu kelompok berbeda-beda, dan d) penghargaan terhadap kerja kelompok lebihtinggi dibandingkan dengan kerja indivdu. Pembelajaran investigative pada mata kuliah ini ditandai dengan pembelajaranyang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk merencanakan pembagian tugas dan menggali informasi sesuaidengan tema tugas masing-masing kelompok. Pembelajaran juga dilaksanakan melalui tahapan-tahapan yang urut,dari pembagian kelompok sampai evaluasi.

Keywords

embelajaran Kooperatif Investigatif; Lingkungan Hidup

Full Text:

PDF

References

Doantara Yasa. 2008. Metode P e m b e l a j a r a n K o o p e r a t i f . ipotes.wordpress.com. Diunduh tanggal 18 Pebruari 2009

Lie Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta:Grasindo.

Shlomo Sharan. 2009. Handbook of Cooperative Learning: Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Untuk Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas. Yogyakarta. Imperium

Refbacks

  • There are currently no refbacks.