PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN LIFE SKILL MAHASIWA
(1) 
(2) 
Abstract
Materi perkuliahan Kimia Koloid merupakan matakuliah yang kurang disenangi,
oleh karena itu perlu pembelajaran yang menarik serta memupuk daya kreasi dan inovasi
mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia dan
life skill mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar yang berorientasi CEP. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan tyang terdiri dari tiga tahap. Tiap tahap terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refl eksi. Subyek penelitian ini adalah
mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia UNNES semester kedua. Fokus yang diteliti dalam
penelitian ini adalah hasil belajar dan pengembangan life skill mahasiswa. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar dan pengembangan life skill mahasiswa. Berdasarkan hasil
penelitian, ketuntasan belajar klasikal meningkat dari tahap I (43%), tahap II (50%), dan
tahap III (86%). Rata-rata skor life skill mahasiswa siklus I, II, dan III berturut-turut adalah
38%, 55%; dan 63%.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dan life skill mahasiswa dapat meningkat melalui penerapan bahan ajar berorientasi CEP.
Â
Kata kunci: bahan ajar, chemo-entrepreneurship, life skill
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.