PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA

Ikhwan Zulchaidar(1),


(1) Indonesia University Of Education

Abstract

Prestasi belajar siswa merupakan tingkat keberhasilan siswa menguasai materi peelajaran setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan Studi Pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kab. Kuningan menunjukkan rata-rata nilai UAS Semester Ganjil 2015/2016 sebesar 56. Model Learning cycle 5E dipandang sebagai salah satu alternatif solusi yang memiliki tahapan-tahapan yang dapat membantu siswa untuk meningkatakan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran peningkatan prestasi belajar siswa sebagai efek diterapkannya model Learning Cycle 5E. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas VII di salah satu SMP di Kab. Kuningan tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan nilai <g> 0,43 yang termasuk kategori sedang. 2) prestasi belajar siswa pada setiap aspek kognitif mengalami peningkatan masing-masing sebesar 0,64 untuk aspek C1, 0,51 untuk aspek C2, dan 0,34 untuk aspek C3, yang semuanya berada pada kategori sedang.

Keywords

Learning Cycle 5E ; Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References

Acisli, S., Yalcin, S. A., & Turgut, U. (2011). Effects of the 5E learning model on students’ academic achievements in movement and force issues. Procedia Social and Behaviour Sciences, 2459-2462.

Akar, E. (2005). EFFECTIVENESS OF 5E LEARNING CYCLE MODEL ON STUDENTS' UNDERSTANDING OF ACID-BASE CONCEPTS (THESIS). MIDDLE EAST TECHNICAL UNIVERSITY.

Alshehri, M. A. (2016). The Impact of Using (5e's) Instructional Model on Achivement of Mathematics and Retentions of Learning among Fifth Grade Students. IOSR Journal of Reasearch & Method in Education, 43-48.

Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Scooter, P. V., Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006, Desember 12). The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. Retrieved from http://bscs.org/sites/default/files/_legacy/BSCS_5E_Instructional_Model-Full_Report.pdf

Cahyarani, A., Rahayu, S., & yahmin. (2016). pengaruh Model pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, 607-615.

Feyzioglu, E. Y., & Ergin, O. (2012). The Effect of 5E Learning Model Instruction on Seventh Grade Students’ Metacognitive Process. Journal Of Turkish Science Education, 55-77.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Madu, B., & AMAECHI, C. (2012). Effect of Five-Step Learning Cycle Model on Students’ Understanding of Concepts Related To Elasticity . Journal of Education and Practice , 173-181.

Maduretno, T. W., Sarwanto, & Sunarto, W. (2016). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovery Learning Ditinjau dari Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap prestasi Belajar. JPFK, 1-11.

Nainggolan, C., & Sihombing, E. (2013). Effectiveness Of 5E Learning Cycle In Dynamic Electricity Kelas X SMA Negeri 3 Medan. JOURNAL INPAFI, 277-286.

Prastiwi, C. A., & Anggaryani, M. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E dengan Materi pesawat Sederhana Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Gedangan Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 37-40.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, W., Rachmadiarti, F., & Hidayati, S. N. (2016). Buku Guru: Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License