PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE SCRAMBLE PADA MATERI SISTEM KOORDINAT

Anik Zulfiah(1),


(1) Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble yang baik dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem kordinat di kelas VIII SMP.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem koordinat dengan menggunakan model pengembangan Plomp dan dilanjutkan dengan tahap uji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem koordinat. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan tugas scramble, Kuis dan Tes Hasil Belajar Pengetahuan.

Berdasarkan hasil analisis data dari tahap pengembangan perangkat diperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem koordinat di Kelas VIII SMP yang baik karena memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data dari tahap uji keefektifan diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble efektif untuk digunakan dalam mengajarkan materi sistem koordinat karena memenuhi : (1) ketuntasan belajar siswa mencapai ≥ 75%, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik, (3) aktivitas siswa dapat terlaksana secara efektif, (4) sikap siswa dalam kategori baik, (5) keterampilan siswa dalam kategori baik, (6) respon siswa adalah positif.

Keywords

Pengembangan Perangkat, Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Scramble, Sistem Koordinat, dan Keefektifan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Arifin, Zaenal. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya : Lentera Cendikia

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Degeng, Sudana I Nyoman. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta : Depdikbud

Ekasari, Hajjar. (2014). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Pendekatan Saintifik untuk Materi Peluang di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember : Pena Salsabila

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hudojo, Herman. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang

Isjoni. (2013). Cooperatif Learning : Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : ALFABETA

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No 65 tahun 2013 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No 66 tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta

Kemendikbud. (2013). Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jakarta

Kemp, J.E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan Asril Marjohan. Bandung: ITB.

Khanifatul. (2012). Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Kompas, dalam Kopertis. 5 Desember (2013)

Kyriacou, Chris. (2009). Effective Teaching : Theory and Practice. Bandung : Nusa Media. Penerjemah : M. Khozim

Marsih, Wahyudi, Warsiti. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Laporan Penelitian UNS

Maulana, Achmad. (2004). Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta : Absolut

Morrison, G.R., Ross, S.M., Kemp, J.E. (2011). Designing Effective Instruction. New York: Macmillan College Publishing Company.

Mudhofir. 1990. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhsetyo, Gatot dkk. (2011). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas terbuka

Musta’in. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Software Geogebra untuk materi Dimensi Tiga Kelas X SMA Al Azhar (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya

Nur, Mohamad. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA

Putri, Agisna Anindya. (2013). “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMP Anggrek Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Scramble”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, tanggal 9 November 2013

Ratumanan, Tanwey Gerson dan Laurens, Theresia. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya : Unesa University Press

Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Rochmad, (2009). “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika”. Jurnal Kreano, Volume 3 nomor 1. Juni 2012

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana

Slavin, Robert E. (2000). Educational Psychology : Theory and practice. Boston : Allyn and Bacon

Slavin, Robert E. (1995). Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice (2nd ed). Boston : Allyn & Bacon

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung : Penerbit Nusa Media. Penerjemah : Narulita Yusron

Soetadianta, Wijana. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Berbantuan Geogebra pada Materi Lingkaran untuk Kelas VIII Siswa SMP (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya

Suherman, S dan Winataputra U.S. 1993. Strategi Belajar Mengajar

Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukino dan Simangunsong, Wilson. (2006). Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta : Erlangga

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar

Suyanto, Paidi, Wilujeng. (2011). “Lembar Kerja Siswa (LKS)”. Makalah disajikan pada Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 Nopember-6 Desember 2011

Trianto. (2007). Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya : Prestasi Pustaka

Wardani. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License