PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE SCRAMBLE PADA MATERI SISTEM KOORDINAT
(1) Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble yang baik dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem kordinat di kelas VIII SMP.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem koordinat dengan menggunakan model pengembangan Plomp dan dilanjutkan dengan tahap uji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem koordinat. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan tugas scramble, Kuis dan Tes Hasil Belajar Pengetahuan.
Berdasarkan hasil analisis data dari tahap pengembangan perangkat diperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble pada materi sistem koordinat di Kelas VIII SMP yang baik karena memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data dari tahap uji keefektifan diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode scramble efektif untuk digunakan dalam mengajarkan materi sistem koordinat karena memenuhi : (1) ketuntasan belajar siswa mencapai ≥ 75%, (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik, (3) aktivitas siswa dapat terlaksana secara efektif, (4) sikap siswa dalam kategori baik, (5) keterampilan siswa dalam kategori baik, (6) respon siswa adalah positif.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zaenal. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya : Lentera Cendikia
Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Degeng, Sudana I Nyoman. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta : Depdikbud
Ekasari, Hajjar. (2014). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Pendekatan Saintifik untuk Materi Peluang di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember : Pena Salsabila
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hudojo, Herman. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang
Isjoni. (2013). Cooperatif Learning : Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : ALFABETA
Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No 65 tahun 2013 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI No 66 tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta
Kemendikbud. (2013). Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jakarta
Kemp, J.E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan Asril Marjohan. Bandung: ITB.
Khanifatul. (2012). Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Kompas, dalam Kopertis. 5 Desember (2013)
Kyriacou, Chris. (2009). Effective Teaching : Theory and Practice. Bandung : Nusa Media. Penerjemah : M. Khozim
Marsih, Wahyudi, Warsiti. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Laporan Penelitian UNS
Maulana, Achmad. (2004). Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta : Absolut
Morrison, G.R., Ross, S.M., Kemp, J.E. (2011). Designing Effective Instruction. New York: Macmillan College Publishing Company.
Mudhofir. 1990. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhsetyo, Gatot dkk. (2011). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas terbuka
Musta’in. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Software Geogebra untuk materi Dimensi Tiga Kelas X SMA Al Azhar (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Nur, Mohamad. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA
Putri, Agisna Anindya. (2013). “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMP Anggrek Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Scramble”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, tanggal 9 November 2013
Ratumanan, Tanwey Gerson dan Laurens, Theresia. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya : Unesa University Press
Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Rochmad, (2009). “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika”. Jurnal Kreano, Volume 3 nomor 1. Juni 2012
Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana
Slavin, Robert E. (2000). Educational Psychology : Theory and practice. Boston : Allyn and Bacon
Slavin, Robert E. (1995). Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice (2nd ed). Boston : Allyn & Bacon
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung : Penerbit Nusa Media. Penerjemah : Narulita Yusron
Soetadianta, Wijana. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Berbantuan Geogebra pada Materi Lingkaran untuk Kelas VIII Siswa SMP (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Suherman, S dan Winataputra U.S. 1993. Strategi Belajar Mengajar
Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukino dan Simangunsong, Wilson. (2006). Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar
Suyanto, Paidi, Wilujeng. (2011). “Lembar Kerja Siswa (LKS)”. Makalah disajikan pada Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 Nopember-6 Desember 2011
Trianto. (2007). Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya : Prestasi Pustaka
Wardani. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License