PENGARUH PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF WHEEL BALANCING PADA METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Hadi Wijayanto(1), Suwahyo Suwahyo(2), Supraptono Supraptono(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas multimedia. Model penelitian adalah kuantitatif. Hasil uji kelayakan ahli materi adalah 86,57%, uji ahli media adalah 73,21%, ketertarikan siswa sebesar 76,56%. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 39,38% untuk kelompok kontrol dan 48,15% untuk kelompok eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung sebesar -0,61 untuk pretest dengan ttabel 2,002 yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan hasil thitung untuk posttest sebesar 2,831 dengan ttabel 2,002 yang berarti terdapat perbedaan. Hasil uji gain didapatkan nilai 0,577 untuk kelas kontrol dengan kriteria peningkatan sedang dan 0,701 untuk kelas eksperimen dengan kriteria peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka multimedia yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords

roda dan ban, penyeimbangan roda, multimedia interaktif, pembelajaran berbasis masalah.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyono, D.N dan Heri Yudiono. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sistem Pengapian Tran-sistor Menggunakan Multimedia Berbasis Ule-ad Video Studio. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.11/1: 10-14.

Naseer, M. dan Harsemadi, G. 2013. Sistem Multime-dia. Yogyakarta: ANDI.

Novana, Tri dkk. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbahasa Inggris Materi Vertebrata sebagai Suplemen Pembelajaran di SMA. Un-nes Journal of Biology Education. 1/1: 96-99.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsi-to.

Nopriyanti dan Sudira, P. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompe-tensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pen-didikan Vokasi. 5/2: 222-235.

Widayat, Widi dkk. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Sistem Gerak pada Manu-sia. Unnes Science Education Jurnal. 3/2: 535-541.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.