PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENDAMPING ALAT PERAGA KELISTRIKAN BODI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kefektifan pengembangan multimedia interaktif pendamping alat peraga kelistrikan bodi terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Yasemi Karangrayung pada kompetensi memperbaiki sistem kelistrikan bodi dan instrumen. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan desain ujicoba menggunakan pretest-posttest control and eksperiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TSM 1 sebagai kelas eksperimen (30 siswa) dan XI TSM 2 sebagai kelas kontrol (30 siswa) SMK YASEMI Karangrayung Grobogan. Pengembangan multimedia interaktif dinyatakan layak dikembangkan untuk digunakan pada penelitian dengan rata-rata nilai dari ahli media (72,1%) dan ahli materi (74,1%). Peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen (19,6%) dan kelas kontrol (14,3%). Hasil analisis Uji-t sebesar 3,2 (perbedaan hasil belajar). Hasil analisis Uji Gain kelas eksperimen sebesar 0,3 (kriteria peningkatan sedang). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, M. dan D. Widjanarko. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Memahami dan Memelihara Sistem Starter Tipe Konvensional Berbasis Buku Digital Electronic Publication (EPUB). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 16(1): 37-42
Ali, M. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal edukasi@elektro. 5(1): 11-18.
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka cipta
Byrne, D. 2002. A Study Of Individual Learning Styles And Educational Multimedia Preferences. School of Computer Applications, Dublin City University, Ireland
Craig, S. D., B. Gholson, dan D. M. Driscoll. 2001. Animated Pedagogical Agents in Multimedia Educational Environments: Effects of Agent Properties, Picture Features, and Redundancy. Journal of Educational Psychology 2002 94(2): 428–434.
Djatmiko, B. E. S. 2011. Pelaksanaan pembelajaran berbasis multimedia Komputer untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan keterampilan dalam membubut ulir segitiga pada kompetensi keahlian teknik permesinan SMK. Jurnal teknologi dan kejuruan 35(1): 47-62.
Hanuji, W. 2015. Pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran kelistrkan mesin dan konversi energi. E-Jurnal Pendidikan Teknik Masin 3(8): 591-596.
Honda. 2016. Suplemen pedoman Reparasi SUPRA GTR 150. Honda Motor Co.,Ltd: service publication office
Jama, J. dan Wagino. 2008. Teknik sepeda motor jilid 2. Jakarta: Direktorat pembinaan Sekolah Menengah kejuruan.
Krinawati, T. 2014. Pengembangam multimedia Pembelajaran untuk Mata pelajaran Biologi di SMA. Jurnal ilmiah Guru “COPE” 18(2):1-7.
Kristanto, D. R. dan A. Ansori. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Kelistrikan Bodi Otomotif untuk Meningktkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 1(3): 40-49.
Lestari, A. S. 2003. Pembelajaran multimedia. Jurnal AlTa 6(2): 84-89.
Lopez, D. P. dan M. Contero. 2012. Delivering Educational Multimedia Contents Through An Aug-mented Reality Application: A Case Study On Its Impact On Knowledge Acquisition And Re-tention. Journal of Educational Technology 12(4):19 - 28
Millard, D dan G. Burnham. 2001. Innovative Interactive Media for Electrical Engineering Educa-tion. Reno, NV.
Patmanthara, S. 2014. Pengembangan Pembelajaran Interaktif Perkuliahan Dasar-dasar Rangkaian Listrik dengan Berbasis Internet. Cakrawala Pendidikan 33(2): 245-256.
Retno. 2009. Studi of Interaktif Recognition Letter and Number for Children with Computer Multimedia. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi 1(1): 31-36.
Rifa’I dan Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang UPT UNNES Press. Saputra dan Kurniawan. 2014.
Romadhon, M. M. dan Sutopo. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Permesinan Frais Berbasis Adobe Flash CS6. Journal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 5(2): 139-144.
Sa’dullah, M. dan D. Widjanarko. 2014. Pengembangan Multimedia Penggunaan Injector Tester untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengujian Injektor pada Kendaraan EFI. Jurusan Teknik Mesin 3(1): 40-45
Sanjaya, R. 2016. Multimedia Interaktif Pelatihan Service Excellent Menggunakan Pendekatan Story Based Learning. Jurnal informatika 3(1): 100-106
Saputra, R. A. dan A. Kurniawan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Kompetensi Sistem Pengapian di SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Muhammadiyah Purworejo 5(2): 193-197.
Styarto, W dan D. D. Saputro. 2011. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 2(2). 93-97
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Sukoco. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Rungan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 22(2): 215-226.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.
Utomo, E. B., D. Widjanarko dan W. D. Rahardjo. 2017. Pengembangan Multimedia Sistem Bahan Bakar Motor Diesel Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Kompetensi Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan 4(2): 69-77
Widjanarko, D., H. Sofyan, dan H. D. Surjono. 2016. Improving students’ mastery on automotive electrical system using automotive electrical multimedia. Research and Evaluation in Education, 2(1), 71-78.
Williem. 2013. Teknik Listrik dasar Otomotif untuk SMK/MAK Kels X Semester 2. Malang: Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.