Video Pembelajaran Sulaman Karawo Berbasis Karakter Melalui Kelas Maya di LKP Provinsi Gorontalo

Rusdin Djibu(1), Ummyssalam Duludu(2),


(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Video Pembelajaran Sulaman Karawo Berbasis Karakter Melalui Kelas Maya di LKP Provinsi Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan melihatnya dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengembangan. Pengembangan model dilaksanakan melalui langkah-langkah melakukan analisis kebutuhan pengembangan, menetapkan unsur-unsur yang akan di kembangkan, menyusun video pembelajaran, melakukan validasi video pembelajaran dengan ahli materi, ahli media dan penilaian warga belajar, dan menyusun model akhir. Kajian efektivitas video pembelajaran didahului implementasi video pembelajaran yang dilaksanakan melalui uji coba selama dua kali yakni uji coba tahap LKP Cakrawala. Dari hasil uji coba ini ternyata menunjukkan adanya dampak positif, tidak saja bagi warga belajar tetapi juga bagi pengelola LKP, penyelenggara pelatihan dan Narasumber.

This study aims to determine character-based learning videos of Karawo embroidery through virtual classes at LKP Gorontalo Province. This research was conducted using a descriptive method with a qualitative approach. The data collection techniques used in this study were observation, documentation, and interviews. through observation, interviews, and documentation study by looking at it from the planning, implementation, assessment, and development stages. Model development is carried out through the steps of conducting a development needs analysis, determining the elements to be developed, compiling learning videos, validating learning videos with material experts, media experts and learning citizen assessments, and compiling the final model. The study of the effectiveness of the instructional videos was preceded by the implementation of the learning videos which were carried out through two trials, namely the Cakrawala LKP stage trial. From the results of this trial, it turns out that there is a positive impact, not only for the learning community but also for LKP managers, training providers and resource persons.

Keywords

tutorial video; Karawo embroidery; character based; virtual class

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Data dan Informasi Kursus dan Pelatihan. (2018). DirektoratPembinaan Kursus dan Pelatihan, DIRJEN PAUD DIKMAS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Miftahul, H. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keputusan Presiden No. 68 Tahun 1998 tentang Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kerja

Nasih, A. M., & Kholidah, L. N. (2009). Metode dan Teknik. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sagiyan, T. (2010). Pengertian Studi Pendahuluan. (23 Maret 2013, 10:02).

Sungkono, S. (2009). Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar modul dalam proses pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Surat Keputusan Mendikbud Nomor 261 /11/1999 tentang penyelenggaraan kursus.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 26 ayat 5 tentang penyelenggaraan kursus dan pelatihan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wagner III, J. A., & Hollenbeck, J. R. (2014). Organizational behavior: Securing competitive advantage. Routledge.

Warsihna. (2009). Modul Pelatihan, Budaya Kerja dan Kerjasama Tim. Jakarta: Kemdikbud.

Warta, E. (2013). Pengembangan Produk Mebel Rotan Indonesia. Ditjen

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats