PERAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI OLAHARAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR
(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Abstract
Perilaku anak usia sekolah dasar menampakkan aktivitas
gerak yang begitu tinggi. Mereka pada dasarnya cenderung ingin selalu bergerak. Hal tersebut menunjukkan bahwa disadari atau tidak, bergerak bagi siswa merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi pertumbuhan fisiknya. Berbagai bentuk dan corak gerakan yang
diperoleh siswa merupakan dasar dalam memasuki tahap-tahap perkembangannya, baik perkembangan yang berhubungan dengan pengetahuan, nilai dan sikap, maupun keterampilan gerak (kognitif, afektif, dan psikomotor). Kecenderungan aktivitas bergerak siswa
sekolah dasar (SD) tersebut perlu dibina melalui Penjasorkes, disamping harus dibarengi oleh kedisiplinan yang tinggi. Sebab, kedisiplinan mendukung peningkatan prestasi dalam Penjasorkes. Siswa yang kurang. Siswa yang kurang disiplin dalam pembelajaran Penjasorkes kurang pula prestasi Penjasorkesnya. Sebaliknya, siswa
yang disiplin dalam Pembelajaran Penjasorkes meningkat prestasi Penjasorkesnya. Jadi, kedisiplinan sangat berperan dalam peningkatan prestasi siswa daslam melakukan Penjasorkes. Siswa sekolah dasar merupakan benih yang potensial yang kelak akan menjadi olahragawan yang handal. Perhatian yang sungguh-sungguh dari guru
Penjasorkes di sekoah dasar (SD) sangat penting bagi pembinaan kedisiplin siswa, dengan memberikan petunjuk, pengarahan, dan memantau setiap gerakan siswa selama melakukan aktivitas Penjasorkes sesuai dengan materi pokok pembelajarannya.
Kata Kunci: kedisiplinan; penjasorkes; sekolah dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats