PENINGKATAN KETERAMPILAN MELAKUKAN ASESMEN NON-TES MELALUI METODE PENUGASAN

Heru Mugiarso(1), Anwar Sutoyo(2), Ninik Setyowani(3),


(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pada pembelajaran Mata kuliah â€Pemahaman Individu†di jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) ada kecenderungan proses belajar baru sampai taraf penguasaan informasi verbal, padahal tujuan mata kuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa agar mampu melakukan pengukuran secara benar dan memanfaatkannya untuk kepentingan bimbingan. Tujuan penelitian adalah diperolehnya temuan empiris tentang tindakan yang efektif bagi peningkatan kualitas keterampilan mahasiswa dalam melakukan asesmen non-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan agar mahasiswa menerima tugas latihan dengan senang hati dan mahasiswa diberi kesempatan dalam mengambil keputusan guna melatih kemandirian mahasiswa sekaligus mengembangkan kerja sama dengan teman, maka perlu adanya tugas-tugas yang harus diselesaikan perorangan maupun berkelompok.

Kata Kunci: ketrampilan asesmen non-tes; metode penugasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats