PEMBELAJARAN ANGKLUNG MENGGUNAKAN METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN

Diah Rizky Kartika Putri(1),


(1) Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran angklung untuk anak usia dini di TK Negeri Pembina Kota Tegal yang merupakan hal baru untuk anak usia dini. Oleh karena itu, guru harus memberikan metode pembelajaran yang menarik dan mempermudah anak dalam belajar alat musik tradisional angklung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pembelajaran angklung, kemudahan, dan kerugian pengunaan metode belajar sambil bermain dalam pembelajaran angklung untuk anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan masalah yang dikaji. Hasil Penelitian menunujukkan bahwa pe-nerapan pembelajaran angklung dengan menggunakan metode belajar sambil bermain adalah strategi yang efektif untuk menarik minat anak usia dini dalam belajar angklung. 

 


This research is based on angklung learning activities for children at Public Kindergarten, Tegal as a new program for kindergarten children. Therefore, teachers should give an interesting and simple learning method to children to learn traditional angklung music. The goal of this research is to find out learning strategies in angklung playing, feasibility, and disadvantages of using the learning method. The approach used in this research is descriptive qualitative approach, by describing and explaining the problems. The finding shows that the use of angklung learning by using this method is an effective strategy to attract children in learning angklung.

Keywords

Pembelajaran; Alat Musik Angklung; Metode Belajar Sambil Bermain

Full Text:

PDF

References

Boeree, George C. 2008. Metode Pembelajaran Dan Pengajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Djamarah, Syaiful Bahri , 1999, Psikologi Belajar : Jakarta Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyadi, Seto. 1997. Bermain Itu Penting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suharto, S. (2011). ACTION RESEARCH TO SOLVE MUSIC TEACHING PROBLEMS IN THE SCHOOL. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v1i1.835

Sumaryanto, Totok. 2010. Metodelogi Penelitian 2. Semarang: Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan seni UNNES.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.