PENGEMASAN BAHAN AJAR TARI TOPENG MALANG PADA MATA KULIAH VOKASI TARI MALANG
(1) Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang, No. 5, Malang
Abstract
Pengemasan bahan ajar adalah mengemas materi menjadi lebih baik, dengan cara menjadikan ringkas. Materi yang dikembangkan terdapat pada mata kuliah Vokasi Tari Malang yaitu salah satu nama mata kuliah di Program Studi Pendidikan Seni Tari-UM yang berisi tentang  materi tari topeng Malang milik Karimun (Alm). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan wujud bahan ajar mata kuliah Vokasi Tari Malang dan mengetahui keefektifan bahan ajar setelah diterapkan kepada mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan uji keefektifan menggunakan uji-t dengan program SPSS 12. Hasil penelitian ini adalah berupa buku ajar mata kuliah Vokasi Tari Malang yang berisi petunjuk pembelajar, silabus, RPP, materi, rangkuman dan evaluasi yang dilengkapi dengan VCD pembelajaran. Uji coba keefektifan menunjukan hasil bahwa dari segi produk masuk kategori yang sangat baik sehingga layak digunakan.
Â
The packaging of teaching material can be done by adapting the available teaching material and repackaging them in a more practical form. The teaching material developed in this study is Tari Topeng Malangan originally created by (the late) Karimun, which is taught as Vokasi Tari Malang subject in Dance Department of Faculty of Art and Languages, Malang State University. The aim of this research and development study is to produce a teaching material for Vokasi Tari Malang subject and also to find out the effectiveness of the material after being applied to students. This research is a developmental research and an effectiveness test by using t-test provided from SPSS 12. The final products of the teaching material is in the form of teaching textbook for Vokasi Tari Malang, which consist of a syllabi, teaching guide, lesson plans, the material for the teaching, the summary of the material, the teaching assessment and also a tutorial VCD. The t-test showed that the teaching material is categorized as a good teaching material to use in teaching.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aesijah, Siti. 2009. “Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Seni Budaya pada KTSP di Kota Semarangâ€. Dalam Jurnal Harmonia, Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Volume IX Juni, Hal. 73- 82.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Jurusan Seni Desain. 2011. Katalog Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Malang: Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra.
Kyriacou, Chris. 2011. Effective Teaching; Theory and Practice. Bandung: Nusa Media.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya
Mbulu, Joseph. Dan Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Lab. TP UM.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sinaga, Syahrul Syah. 2010. “Pemanfaatan dan Pengembangan Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran Tematik pada Pendidikan Anak Usia Dini/TKâ€. Jurnal Harmonia, Volume X No. 1. Hal 80-94.
Simatupang, Dorlince. 2006. “Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual serta Desain Pesan dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar.†Jurnal Kewarganegaraan Universitas Negeri MedanI. 5/1: 92-29.
Soedarsono. 1999. Seni Pertunjukan Indonesia dan Pariwisata. Jakarta: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rosda Karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.