KOMPETENSI KOREOGRAFER PENDIDIKAN BERBASIS IMTAK DAN IPTEKS ( Competence On Educational Choreography Based on Science Technologi and Spritual)

Dinny Devi Triani(1),


(1) 

Abstract

Koreografer merupakan salah satu profesi yang" mulai diminati mahasiswa maupunalumni luhisan perguruan tinggi kependidikan. Sebagai koreografer yang lahir dariLPTK seharusnya memiliki idealisme dengan memperhatikan nilai-nilai pendidikandalam setiap karya tarinya. Pada perkembangannya "keharusan" dan "kenyataan" ini tidakmenjadi perhatian bagi koreografer pendidikan, sehingga orientasi terhadap moral danintelektual tidak lagi menjadi pertimbangan dalam berkarya tari. Untuk menjawabkesenjangan ini maka penulis mencoba menguraikan kompetensi yang harus dimilikikoreografer di lingkungan akademis , sehingga diharapkan dapat menyadarkankoreografer pendidikan untuk terus berkarya sesuai dengan gelar akademiknya yaitusarjana pendidikan, khususnya bagi mahasiswa yang memilih karya tari sebagaipenyelesaian tugas akhir.

Kata Kunci : koreografer pendidikan, "nilai", imtak dan ipteks, etika, estetilka,kreatifivitas, "kebebasan".

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.