Pengaruh Informasi Aktivitas Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Membeli Konsumen

Anggraini Trisna Dewi(1), Siti Nuzulia(2),


(1) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh informasi aktivitas corporate sosial responsibility terhadap keputusan membeli pada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang, dengan mengambil sampel sebanyak 70 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dan random, yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil responden sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti kemudian di random dengan menggunakan skala sebagai alat ukur. Tekhnik analasis data yang digunakan adalah uji t dan anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F = 1,051 dengan hasil signifikansi sebesar 0,398 (0,398 > 0,05), hal ini menunjukkan bahwa  informasi tentang aktivitas corporate social responsibility tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan membeli. Melalui uji t= 0.483 dengan p= 0,631 (0,631 > 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dalam keputusan membeli ditinjau dari aspek rasional dan emosi.

 

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility dan Keputusan Membeli pada konsumen

 

 

Abstract. The purpose of this study was to examine an influence of corporate social responsibility on consumer purchase decision. This study is a quasi experiment. The population in this study is the Semarang State University students, with a sample of 70 people. The sampling technique used is purposive and random sampling, in which subjects or respondents are taken according to the required criteria researchers then drawn at random. Measuring instruments used in this study was a questionnaire. The data analysis technique used are the T test and anova.The results shows that F= 1,051, p=0,398 (0,398 > 0,05) means that the activity of corporate social responsibility information doesnt have any influence to the decision to buy. From the T test, t= 0.483 dengan p= 0,631 (0,631 > 0,05 , it means that there is no influence buying decisions in terms of aspects rational and emotional aspects.

Keywords

Corporate Social Responsibility and Consumer Purchase Decision

Full Text:

PDF

References

Arrizky, M. M. 2013. Pengaruh Rational Buying Motives Dan Emosional Buying Motives Terhadap Disonasi Kognitif Pemilik Produk Laptop. Journal of Universitas Brawijaya Malang, 1- 15.

Gigauri,Iza. 2012. Impact of Corporate social Responsibility On Consumer Purshase Decision. Journal of Research in Management,Economic.

Kotler, P., Amstrong, G.2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi ke Sembilan.Jakarta: Indeks.

Kotler, P., Lee,N.2009.2005.Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey : John Wiley & Sons.

Mohr, L. A., Webb, D. J., & Harris, K. E. 2001. Do Consumers Expect Comparies To Be Socially Responsible? The Impact Of Corporate Social Responsibility On Buying Behavior. The Journal Of Consumer Affairs,35 (1), 45-72.

Supa, D.W., & Dodd, M.D., 2011. Understanding the Effect of Corporate Social Responsibility on Consumer Purhase Intention. Journal of Public Relations, ISSN 1942-4604 Vol.5, No. 3: 1-19.

Veersalu, Liis. 2011. The Importance Of Corporate Social Responsibility In Estonian Consumer’s Purchasing Decisions. Thesis. Tallinn University’s Baltic Film and Media School.

Zhong, Chenbo.2005. The Ethical Dangers Of Rational Decision Making. Thesis. Northwestern University

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.