VALIDITAS KRITERIA TES POTENSI AKADEMIK UNJA (CRITERION RELATED VALIDITY OF TPA UNJA)

Jelpa Periantalo

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas TPA UNJA dengan variabel kriteria lainnya. Sebagai
alat ukur kognitif potensial, TPA UNJA harus memiliki hubungan dengan kriteria yang menjadi
variabel prediksinya. Teknik sampling yang digunakan adalah non-random sampling. Subjek dalam
penelitian ini merupakan siswa dan mahasiswa yang mendapatkan tes seleksi, penempatan kelas, dan
penjurusan kuliah oleh peneliti. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif antara TPA
UNJA dan SPM dengan koefisien korelasi rxy 0,638 (p=0,000; p<0,01; N=210), serta antara TPA
UNJA dan komponen Sains dan Teknologi pada Tes Minat Indonesia dengan rxy 0,112 (p=0,015;
p<0,05; N=243). Hasil korelasi Skor TPA UNJA dengan Skala Sikap terhadap Pelajaran menunjukkan
hubungan yang positif dengan Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Biologi; menunjukkan hubungan
yang negatif dengan Bahasa Indonesia, PKN, Sosiologi, dan Sejarah; sedangkan tidak berkorelasi
dengan Agama, Fisika, Ekonomi, Geografi dengan nilai p<0,05; N=256. Berdasarkan pendidikan
orangtua, TPA UNJA memiliki hubungan positif dengan pendidikan ibu dengan rxy 0,312 dan ayah
dengan rxy 0,205 (p=0,000; p<0,01; N=285). TPA UNJA memiliki hubungan yang positif dengan nilai
UN Pusat (p<0,05: N=103); Matematika rxy 0,237; Bahasa Indonesia rxy 0,322 dan Bahasa Inggris rxy
0,200, namun tidak terdapat hubungan dengan nilai UN Fisika, Kimia dan Biologi. Penelitian
selanjutkan melakukan validitas prediktif dengan prestasi belajar, lama studi maupun kepuasan belajar.

 

Abstract. 

The purpose of this study to examine TPA UNJA with other variables. As a potential cognitive
measurement, TPA UNJA must have a correlation with the criteria that would be predicted. Sampling
technique used non-random sampling. Research subjects were students and university students who got
selection test, class placement, and majors college by researchers. The results of this research showed
that there was a positive correlation between TPA UNJA and SPM with correlation coefficient r¬xy
0.638 (p=0.000, p<0.01; N=210), and between TPA UNJA with component Science and Technology of
Indonesian Interest Test with r¬xy 0.112 (p = 0.015; p<0.05; N=243). Correlation between TPA UNJA
with Attitude Scale to Lesson showed positive correlation toward English, Mathematics, Chemistry,
Biology; There was a negative correlation to Indonesian, PKN, Sociology, and History lessons; and no
correlation with Religion, Physics, Economics, Geography with value of p<0.05; N=256. Based on
parental education, TPA UNJA had a positive correlation with mother education r¬xy=0.312 and
father r¬xy=0.205 (p=0.000; p<0.01; N=103). TPA UNJA had a positive correlation with national
examination score (p<0.05; N=103); Mathematics r¬xy=0.237; Indonesian r¬xy=0.322 and English
r¬xy=0.200, but there was no correlation with Physics, Chemistry, and Biology. TPA UNJA was
supported by various external criteria, so it had a high level of validity. The next research to conduct
predictive validity with GPA, length of study and learning satisfaction.


Keywords


validity, criterion, significance, correlation, attitude

References


Azwar, S. (2012). Sikap manusia: teori dan

pengukurannya. Pustaka Pelajar:

Yogyakarta.

Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Pustaka

Pelajar: Yogyakarta.

Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas.

Ed. Ke-4. Pustaka Pelajar:

Yogyakarta.

Azwar, S. (2013). Tes prestasi: Fungsi dan

pengukuran prestasi belajar. Pustaka

Pelajar: Yogyakarta.

Azwar, S. (2014). Dasar-dasar psikometika.

Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Azwar, S. (2014). Konstruksi tes kemampuan

kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014). Penyusunan skala

psikologi. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Dedeh, S., Darsono, L., & Husin, W., (2013).

Kriteria seleksi masuk Fakultas

Kedokteran sebagai prediktor prestasi

akademik. Jurnal Pendidikan

Kedokteran Indonesia, 2 (2), 109-115.

Fitri, A. D., Istarini, A., & Periantalo, J.

(2014). Sikap mahasiswa pendidikan

dokter angkatan 2013 universitas

jambi terhadap pelajaran matematika

dan sains. The Jambi Medical Journal

(2) 56-76.

Hadi, S. (2015). Metodologi riset.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, S. (2015). Statistika. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Kurpius, S. E. R., & Stafford, M.E. (2006).

Testing and measurement: a userfriendly

guide. California: Thousand

Oaks.

Periantalo, J., dkk. (2013, 2014, 2015, 2016).

Laporan Tes Psikologi untuk

Penjurusan Kuliah. Good and Great

Consultant, Jambi.

Periantalo, J., dkk. (2013, 2014, 2015, 2016).

Laporan Tes Psikologi Seleksi

Mahasiswa Baru Fakultas

Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Universitas Jambi. Universitas Jambi,

Jambi.

Periantalo, J. (2014). Pengembangan tes

minat Indonesia sebagai upayapengembangan potensi diri generasi

muda Indonesia. Paper Presentation.

Psychological Festival Fakultas

Psikologi Universitas Airlangga. 21

dan 22 Nopember 2014.

Periantalo, J. (2015). Penyusunan skala

psikologi: Asyk, mudah dan

bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Periantalo, J. (2015). Validitas alat ukur

psikologi: Applikasi praktis.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Periantalo, J., & Fadzlul. (2016). Uji Validitas

Konstrak Tes Minat Indonesia melalui

Minat Ilmu Kesehatan. Paper

Presentation. Kolokium Ap2pti

XXVI. Yogyarkta, 14 April 2016.

Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif

untuk psikologi. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Periantalo, J. & Fadzlul (2016). Penyusunan

skala sikap terhadap pelajaran dasar.

Penelitian Universitas Jambi Seri

Humaniora, 18 (1), 23-33.

Periantalo, J. (2017). Propertis psikometris

skala sikap terhadap pelajaran sosial

humaniora. Jurnal Ilmu Perilaku 1

(2), 98-109.

Periantalo, J. (2017). Statistika dasar untuk

psikologi. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Periantalo, J., Fadzlul, & Saputra, N. (2014).

Konstruksi skala sikap terhadap

pelajaran Matematika dan Sains.

Jurnal Edu Sains Universitas Jambi,

(2), 36-45.

Periantalo, J. (2017). Uji validitas konstrak

Tes Minat Indonesia melalui aspek

minat ilmu psikis. Psycho Idea 15 (1),

-17.

Periantalo, J. (2018). Uji validitas konstrak

Tes Minat Indonesia melalui

komponen minat kesehatan. Psycho

Idea 16 (1), 39-50.

Raudah, S., & Periantalo, J. (2017).

Penyusunan Norma Tes Potensi

Akademik Unja untuk kelompok

mahasiswa. Jurnal Psikologi Jambi 2,

(1), 10-16.

Supratiknya. (2014). Pengukuran psikologi.

Yogykarta: Sanata Dharma.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N.

(2010). Psikologi eksperimen. Jakarta:

Indeks.

Suryabrata, S. (2004). Penyusunan alat ukur

Psikologi. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Sumintoro, B., & Widhiarso, W. (2015).

Applikasi Rasch model untuk penelitian

ilmu-ilmu sosial. Bandung: Trim

Komunikata.

Urbina, S. (2004). Essential of psychological

testing. Hoboken: John Wiley & Sons.

Widhiarso, W. (2010). Validitas Konstrak:

Handout Mata Kuliah Psikometri.

Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/intuisi.v10i1.17380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.