Pengaruh Work Life Balance dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA di Kota Semarang pada Saat Pandemi Covid-19

Pitri lestari(1), Qristin violinda(2), Henry Casandra Goeltom(3),


(1) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang, Indonesia
(3) Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa guru yang ada di Indonesia untuk dapat berkompetisi menjadi guru yang dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang penuh dengan tantangan berbagai macam perubahan. Menurut beberapa hasil penelitian work life balance, disiplin kerja serta kinerja guru saling berkaitan disaat individu menghadapi kondisi yang penuh dengan tantangan perubahan. Saat individu memiliki work life balance yang baik maka akan diikuti dengan disiplin dan kinerja yang baik juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh work life balance dan disiplin kerja terhadap Kinerja Guru pada saat pandemi Covid-19. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh guru yang sedang menghadapi pandemi Covid-19 di Kota Semarang, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu 158 responden. Dalam melakukan pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala Likert, dengan 5 kriteria penilaian serta untuk mengukur 35 item pertanyaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis probability sampling. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menyatakan bahwa work life balance berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja guru yaitu sebesar 64.6%, disiplin kerja berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja guru sebesar 39.2% pada saat pandemi Covid-19. Guru diharapkan mampu menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan kehidupan kerja supaya antara keduanya tidak terjadi konflik dan disiplin kerja guru harus ditingkatkan supaya meningkatnya kinerja guru guna tercapainya tujuan dari sekolah menciptakan generasi bangsa yang unggul.

The Covid-19 pandemic forces teachers in Indonesia to be able to compete to become teachers who can adjust to challenging conditions. According to several research results, work life balance, work discipline and teacher performance are interrelated when individuals face conditions that are full of challenges. When individuals have a good work-life balance it will be followed by discipline and good performance as well. This study aims to determine the effect of work life. balance and work discipline on teacher performance during the Covid-19 pandemic. The population in this study were all teachers who were facing the Covid-19 pandemic in Semarang City, while the sample in this study was 158 respondents. In collecting the data, this research uses a likert scale, with 5 assessment criteria and to measure 35 question items. The sampling technique in this study uses a type of probability sampling. The data analysis technique is multiple linear regression analysis. The results of the analysis state that work life balance has a partial positive effect on teacher performance, namely 64.6%, work discipline has a partial positive effect on teacher performance by 39.2% during the Covid-19 pandemic. Teachers are expected to be able to balance between personal life and work life so that there is no conflict between the two and teacher work discipline must be improved so that teacher performance increases in order to achieve the goals of the school to create a nation that has good achievements.

Keywords

Work Life Balance, Work Discipline, Teacher Perfomance

Full Text:

PDF

References

Anwar Prabu Mangkunegara .2005.Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Penerbit Refika Aditama.Bandung

A.A. Anwar PrabuMangkunegara.2013.ManajemenSumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosda Kary.Bandung.

Ardana, I Komang, Ni Wayan Mujiati, I Wayan Mudiartha Utama, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama.Graha Ilmu.Yogyakarta

Bintang, S. K., & Astiti, D. P. 2016. Work-Life Balance Dan Intensi Turnover Pada Pekerja Wanita Bali Di Desa Adat Sading, Mangupura, Badung. Vol. III, No. III. ISSN: 2354 5607, 384. Jurnal Psikologi Udayana.

Dharma,Surya.2004.Manajemen Kinerja Falsafah Teoridan Penerapannya. Program Pascasarjana FISIP.Jakarta.

Dina. 2018. Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kinerja Karyawan Di Kud Minatani Brondong Lamongan. Journal Indonesia Membangun.Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No 448.

Faradina, V. D., & Sojanah, J. (2018). Meningkatkan Kinerja Pegawai Melalui Lingkungan dan Disiplin Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8-18

Febriani, Hariyanto.(2017). Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kinerja Guru Sekolah Mutiara Bunda Sidoarjo Dengan Work Stress Sebagai Variabel Antara.Skripsi Thesis, Airlangga University

Galih Arga Nurcahya &Fetty Poerwita Sary. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Arah Enviromental Indonesia Bag. Surakarta. EProceeding of Management.Vol.5, No.1 Maret 2018. Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom Bandung.

Greenhaus, J. H., Collins, K. M., & Shaw, J. D. (2003). The relation between work-family balance and quality of life. Journal of Vocational Behavior, 63(3), 510–531. https://doi.org/10.1016/S0001-8791(02)00042-8

Greenhaus, J. H., & Powell, G. N. (2012). When Work And Family Are Allies: A Theory of WorkFamily Enrichment. Academy of Management Review, 31(1), 72–92. https://doi.org/10.5465/AMR.2006.19379625

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas). Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasibuan, M. S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hutcheson, Peggy G. 2012. Work-Life Balance Book 1. E-books. U.S.A copyright: IEEE-USA.

https://www.google.com/amp/s/www.kompas.tv/amp/article/74608/videos/sorotan-dampak-corona-ke-dunia-pendidikan.Diakses 8 Mei 2020.

https://www.google.com/amp/s/amp.kontan.co.id/news/hampir-300-juta-siswa-di-dunia-terganggu-kegiatan-sekolahnya-akibat-virus-corona-1. Diakses 15 Mei 2020.

Ida.https://radarsemarang.jawapos.com/berita/semarang/2019/12/15/tunjangan-guru-non-asn-kota-semarang-disetarakan-umk/. Diakses 16 September 2020

Khatri, P. V., & Behl, J. 2013. Impact Of Work-Life Balance On Performance Of Employees In The Organisations. Vol. VII, No. I, 40-46. Global Journal OfBusiness Management.

Muhammad Hasan. 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix Volume 5 Nomor 2. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

McDonald, P., & Bradley, L. M. 2005. The Case for Work-Life Balance: Closing the Gap Between Policy and Practice. Sydney: Hudson Global Resources.

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012.PT Remaja Rosdakarya.Bandung.

Mulyasa.2004.Kurikulum berbasis Kompetensi.Rosdakarya Offset.Bandung.

Mulyasa,E.2009.Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nur Intan Maslichah&Kadarisman Hidayat. 2016 . Pengaruh Work-Life Balance Dan Lingkungan KerjaTerhadap Kepuasan Kerja Karyawan(Studi Pada Perawat Rs Lavalette Malang Tahun 2016). Fakultas Ilmu Administrasi Univеrsitas Brawijaya Malang.

Obiageli, O. L., Uzochukwu, O. C., & Ngozi, C. D. 2015. Work Life Balance And Employee Performance In Selected Commercial Banks In Lagos State. Vol. III, No. IV. ISSN 2056-5992, 65-71. European Journal of Research and Reflection in Management Sciences.

Oemar Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar.Sinar Baru Algensindo.Bandung

Prastika Meilany &Mariaty Ibrahim.2017.Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Kasus Bagian Operasional Pt. Indah Logistik Cargo Cabang Pekanbaru).Jom FISIP Vol. 2 No. 2 Oktober 2015. Kampus Bina Widya KM 12,5 Simpang Baru Panam Pekanbaru 28293.

PP RI No. 19 / 2005.Tentang Standar Nasional Pendidikan.Pasal 28.

Rajab,Muhamad.https://news.detik.com/kolom/d-4945590/pendidikan-di-tengah-pusaran-wabah-corona.diakses 17 September 2020.

Rivai Dan Ella Sagala, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Rajawali Pers. Jakarta

Rivai, Veithzal. 2015. Cetakan ke-7. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi Ketiga. Rajawali Pers.Bandung

Singodimedjo, Mulyani. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: SMMAS.

Saina, I.V., Pio, R. J., & Rumawas, W. 2016. Pengaruh Work-Life Balance dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT PLN (Persero) Wilayah Area Manado. Vol. IV, No. III, 2-3. Jurnal Administrasi Bisnis.

Simamora, Henry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Bagian Penerbitan STIE YKPN, Semarang.Dalam D.M Agustin, M.J.D.Sunarto, K.Jatmika /JSIKA Vol 2 No. 2 (2013)/ISSN: 2338-137X

Sinambela. Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja, Jakarta: Bumi Aksara.

Sondang P Siagian. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smith, J.Mulyana. 2004. Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua. Nuansa.Bandung.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Manajemen.(Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Alfabeta.Bandung

Sarwani. 2016. Sinergi, Volume 6, Number 2 September 2016 The Effect Of Work Discipline And Work Environment On The Performance Of Employees.Universitas Dr. Soetomo Surabaya(Diterima: 20-Juli-2016; Revisi: 20-Agustus-2016; Diterbitkan: 10-September-2016.

Titin Eka Ardiana.2017.Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. 2017.JurnalAkuntansi Dan Pajak, Vol. 17, No. 02.Program StudiAkuntansiFakultasEkonomiUniversitasMuhammadiyah.

Tu’u, Tulus. 2004. Peranan Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia

Uno. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.Jakarta.

UU No. 14 Tahun 2000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.