PERAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI OLAHARAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR

- Suhardi(1),


(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Perilaku  anak  usia  sekolah  dasar  menampakkan  aktivitas
gerak  yang  begitu  tinggi.  Mereka  pada  dasarnya  cenderung  ingin selalu bergerak. Hal tersebut menunjukkan bahwa disadari atau tidak, bergerak  bagi  siswa  merupakan  suatu  kebutuhan  yang  sangat  penting bagi  pertumbuhan  fisiknya.  Berbagai  bentuk  dan  corak  gerakan  yang
diperoleh  siswa  merupakan  dasar  dalam  memasuki  tahap-tahap perkembangannya,  baik  perkembangan  yang  berhubungan  dengan pengetahuan,  nilai  dan  sikap,  maupun  keterampilan  gerak  (kognitif, afektif,  dan  psikomotor).  Kecenderungan  aktivitas  bergerak  siswa
sekolah  dasar  (SD)  tersebut  perlu  dibina  melalui  Penjasorkes, disamping  harus  dibarengi  oleh  kedisiplinan  yang  tinggi.  Sebab, kedisiplinan  mendukung  peningkatan  prestasi  dalam  Penjasorkes. Siswa  yang  kurang.  Siswa  yang  kurang  disiplin  dalam  pembelajaran Penjasorkes  kurang  pula  prestasi  Penjasorkesnya.  Sebaliknya,  siswa
yang  disiplin  dalam  Pembelajaran  Penjasorkes  meningkat  prestasi Penjasorkesnya. Jadi, kedisiplinan sangat berperan dalam peningkatan  prestasi  siswa  daslam  melakukan  Penjasorkes.  Siswa  sekolah  dasar merupakan  benih  yang  potensial  yang  kelak  akan  menjadi olahragawan yang handal. Perhatian yang sungguh-sungguh dari guru
Penjasorkes  di  sekoah  dasar  (SD)  sangat  penting  bagi  pembinaan kedisiplin  siswa,  dengan  memberikan  petunjuk,  pengarahan,  dan memantau  setiap  gerakan  siswa  selama  melakukan  aktivitas Penjasorkes sesuai dengan materi pokok pembelajarannya.


Kata Kunci: kedisiplinan; penjasorkes; sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats