Analisis Kelayakan Materi, Penyajian dan Bahasa pada Modul Bahasa Mandarin SMK Negeri 2 Semarang

Fitria Dewi Salsabila(1), Anggraeni Anggraeni(2), Retno Purnama Irawati(3), Sheyra Silvia Siregar(4),


(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Dari hasil pengamatan yang dilakukan bahwa bahan ajar sangat penting untuk sumber belajar siswa, akan tetapi masih ada bahan ajar yang memiliki kekurangan. Salah satunya bahan ajar berupa modul Bahasa Mandarin SMK Negeri 2 Semarang yang memiliki kekurangan dari segi kelayakan materi, penyajian dan bahasa. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan uji kelayakan materi, uji kelayakan penyajian dan uji kelayakan bahasa pada modul Bahasa Mandarin SMK Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kelayakan materi ketiga instrumen adalah dari total 14 butir uji kelayakan materi, terdapat dua butir yang mendapat perolehan skor terendah. Hasil uji kelayakan penyajian dari ketiga instrumen menunjukkan bahwa analisis kelayakan penyajian pada modul Bahasa Mandarin SMK Negeri 2 Semarang memiliki rentang perolehan skor yang bervariatif, indikator teknik penyajian dan pendukung penyajian memiliki perolehan skor yang rendah. Hasil uji kelayakan bahasa dari ketiga instrumen memperoleh hasil bahwa modul Bahasa Mandarin SMK Negeri 2 Semarang mendapat kriteria sesuai pada seluruh butir.

From the observations made that teaching materials are very important for student learning resources, but there are still teaching materials that have shortcomings. One of the teaching materials is in the form of a Mandarin language module at SMK Negeri 2 Semarang which has shortcomings in terms of material feasibility, presentation and language. Based on this background, the purpose of this research is to describe the material feasibility test, presentation feasibility test and language feasibility test in the Mandarin language module at SMK Negeri 2 Semarang. The type of research used is descriptive qualitative. Data collection techniques using documentation and questionnaires. The results of the research obtained from the material feasibility test of the three instruments are from a total of 14 items of the material feasibility test, there are two items that get the lowest score. The results of the presentation feasibility test of the three instruments show that the presentation feasibility analysis on the Mandarin language module at SMK Negeri 2 Semarang has a varied score range, presentation technique indicators and presentation support have low scores. The results of the language feasibility test of the three instruments showed that the Mandarin language module of SMK Negeri 2 Semarang received the appropriate criteria for all items.

Keywords

Module; Feasibility Analysis; Material; Presentation; Language

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.