Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Kemampuan HSKK Peserta Didik

Ria Riski Marsuki(1), Sukma Sukma(2), Mardhiyyatin Naqiyah(3),


(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu upaya dalam memaksimalkan proses pembelajaran jarak jauh yang tengah berlangsung di masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media pengumpulan tugas dalam meningkatkan kemampuan HSKK peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen HSKK yang dilaksanakan secara online. Desain penelitian yang akan digunakan adalah pretest-posttest design dengan memberikan tugas pada peserta didik dan mengunggah menggunakan media aplikasi Tik Tok. Hasil dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pada masa pandemik kemampuan belajar siswa menurun sehingga test HSKK para peserta didik tidak menujukkan nilai yang maksimal tetapi setelah menggunakan aplikasi Tik Tok sebagai media dalam pengumpulan tugas peserta didik menujukkan adanya peningkatan nilai test HSKK. Hal ini ditandai dengan nilai skor HSKK peserta didik yang meningkat sebanyak 19 persen selama pemberian tugas menggunakan aplikasi Tik Tok. Oleh karena ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi Tik Tok cukup efektif sebagai media pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kemampuan HSKK peserta didik.

 This study aims to analyze the effectiveness of TikTok as a medium for collecting assignments in improving students' HSKK abilities. The method used in this study is a quantitative method using the HSKK instrument, which is carried out online. The research design used is a pretest-posttest design by giving assignments to students and uploading them using TikTok. The results show that during the pandemic, students' learning abilities decreased so that the HSKK test does not show the maximum value, but after using the TikTok application as a medium in collecting student assignments, it shows an increase in the HSKK test score. This is indicated by the students' HSKK scores which increases by 19 per cent during the assignment using TikTok. Therefore, it can be concluded that TikTok can be used as a distance learning medium to improve students' HSKK learning abilities.

Keywords

Distance learning, Tik Tok, chinese language, HSKK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.