Deskripsi Kemampuan Representasi Matematik dalam Pemecahan Masalah Fisika pada Perkuliahan Listrik Magnet

Rambu Ririnsia Harra Hau, Putut Marwoto, Ngurah Made Dharma Putra, Wiyanto Wiyanto

Abstract


Kemampuan representasi matematis dalam memecahkan masalah listrik magnet, mahasiswa akan mengungkapkan karakteristik listrik magnet. Topik listrik magnet tergolong konsep yang abstrak dan teoritis berupa matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematik mahasiswa dalam memecahkan masalah fisika pada perkuliahan listrik magnet. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Fisika UNNES. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pada mahasiswa yang sebelumnya telah mendapatkan materi garis medan dan hukum Gauss pada mata kuliah listrik magnet. Hasil analisis data berdasarkan langkah-langkah hasil pekerjaan mahasiswa menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematik dalam memecahkan masalah fisika pada perkuliahan listrik magnet pada kategori tinggi dengan jumlah paling sedikit yaitu sebesar 9%, selanjutnya kategori sedang dengan jumlah mahasiswa paling banyak yaitu sebesar 75%, dan kategori rendah yaitu sebesar 16%.

Keywords


Ability of mathematical representation, problem solving, electric magnet

Full Text:

PDF

References


Cui, L., Sanjay, N., Rebello, Fletcher, P.R., Bennett, A.G. 2006. Transfer Of Learning From Colledge Calculus To Physics Courses. Proceedings of the NARST 2006 Annual Meeting (San Fransisco, CA, United States).

Dahlan, J. A., & Juandi, D., 2011. Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 16, No. 1,hlm. 128-138.

Demirci, N. & Cirkinoglu, A. 2004. “Ditermining Students' Preconception/Misconceptions in Electricity and Magnetism”. Journal of Turkish science education. 1, (2), 50- 54.

Dolin, J. 2001. Representational Forms in Physics. Makalah Third International Conference of the European Science Education Research Association, August.

Gilbert, J.K. 2010. The Role of Visual Representation in the Learning and teaching of science: An Introduction. Asia-Pasific forum on science learning and teaching, 11(1),1-19.

Kohl, P.B. & Noah, D.F. 2005. Student Representational Competence and Self Assessment when Solving Physics Problem. Physical Review Special Topics - Physics Education Research. 1, 010104. Diperoleh dari http://www.colorado.edu/physics/EducationIssues/paper/Reps1e010104.pdf. (Diunduh 10 November 2016).

Lindenfeld, P., 2002., Format and Content in Introductory Physics. American Journal of Physics. 70, (1), 12.

Kusumawati, I., Marwoto, P., & Linuwih, S. 2015, September. Implementation multi representation and oral communication skills in Department of Physics Education on Elementary Physics II. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1677, No. 1, p. 040017). AIP Publishing.

Murtono, M., Setiawan, A., & Rusdiana, D. 2014. Fungsi Representasi dalam Mengakses Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, Vol. 1 No. 2., 80.

Narjaikaew, P., Emarat, N., Soankwan, C., & Cowie, B. R. O. N. W. E. N., 2006. Year-1 Thai University Students’ Conceptions of Electricity and Megnetism. Physics Educational Network of Thailand (PENThai) and The Centre for science and Technology Education Research (CSTER).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suseno, M. N. 2010. Kendala Penerapan Inkuiri dalam Perkuliahan Listrik-Magnet Di Lptk. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2), 95-102.

Salkind, G.M., 2007. Mathematical Representations. George Mason University

Tuminaro, J & Redish, E.F, 2003. Students’ Use of Mathematics in the Context of Physics Problem Solving: A cognitive Model U. of Maryaland [ Online]. Tersedia di : http : //www .physics.umd.edu/perg/ papers/redish/ index. Html. (20 Desember 2016).

Chasteen, V.S., Pepper, E.R., Caballero, D.M., Pollock, S. J., & Perkins, K.K.. 2012. Caballero, S. J. Pollock and K.K. Perkins. 2012. Colorado upper-division elektrostatics diagnostik: A Conceptual Assessment For The Junior Level. Physic Education Research. Doi: 10.1103/PhysRevSTPER.8.020.108.

Wahyuni, 2012. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Metode Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS. Tesis. PPs UPI. Bandung.

Waldrip, B & Prain, V. 2006. Learning Junior Secondary Science through Multi Modal Representation. Electronic Journal of Science Education.

Yusup, M. 2009. Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. Diperoleh dari http://eprints.unsri.ac.id/1607/1. (Diunduh 22 Desember 2016).




DOI: https://doi.org/10.15294/physcomm.v2i1.10686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View My Stats