Optimalisasi Waktu Coating pada Bahan Komposit Alam untuk Karakterisasi Morfologi dengan Scanning Electron Microscopy (SEM) – Energy Dispersive X-Ray Spectroscopy (EDX)

Natalia Erna Setyaningsih(1), Rodhotul Muttaqin(2), Isna Mar’ah(3),


(1) Laboratorium Fisika Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) 

Abstract

Komposit alam berbahan dasar daun jati telah dikembangkan di Universtas Negeri Semarang sebagai bahan alternatif pengganti kayu. Bahan komposit tersebut bersifat non konduktif sehingga untuk mengamati morfologinya dengan SEM (Scanning Electron Microscopy) diperlukan proses coating dengan menggunakan bahan konduktif seperti emas (Au) dan Palladium (Pd). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu coating optimal untuk sampel komposit alam. Metode yang digunakan adalah dengan variasi waktu coating yaitu 30 sampai 180 detik dengan penambahan 30 detik pada arus tetap 18 mA. Dari hasil SEM menunjukkan bahwa secara kualitatif waktu coating optimal untuk bahan komposit alam adalah 90 detik. Dari analisis EDX didapatkan penambahan waktu coating mengakibatkan penurunan persentase kandungan unsur bahan komposit alam. Hasil EDX pada waktu coating 90 detik diperoleh kandungan Carbon 10,7 %, Oksigen 1,4% dan Nitrogen 1% dan bahan pelapis Emas 85,5% dan Palladium 0,6%.

 

Keywords

Scanning Electron Microscopy, Energy Dispersive X-ray Spectroscopy, Coating

Full Text:

PDF

References

Aji, M.P. 2012. “Limbah Kaca Dengan Perekat Polimer Polyurethane Dan Polyvinyl Acetate.” Jurnal MIPA 35(2): 140–44.

Cahyana, Agus, and Ahmad Marzuki. 2014. “Analisa SEM (Scanning Electron Microscope) Pada Kaca TZN Yang Dikristalkan Sebagian.” Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014: 23–26.

Masturi. 2010. “Pemanfaatan Kuarsa Sebagai Penguat Pada Komposit Sampah Daun-Kertas.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6: 138–41.

Masturi. 2012. “Permeability, Strength and Filtration Performance for Uncoated and Titania-Coated Clay Wastewater Filters.” American Journal of Environmental Sciences 8(2): 79–94.

Stokroos, I., D. Kalicharan, J. J L Van Der Want, and W. L. Jongebloed. 1998. “A Comparative Study of Thin Coatings of Au/Pd, Pt and Cr Produced by Magnetron Sputtering for FE-SEM.” Journal of Microscopy 189(1): 79–89.

Sujatno, Agus et al. 2015. “Studi Scanning Electron Microscopy ( Sem ) Untuk Karakterisasi Proses Oxidasi Paduan Zirkonium.” Jurnal Forum Nuklir (JFN) 9(November): 44–50.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View My Stats