Meningkatkan Pemahaman Etiket Sehari- Hari melalui Pendidikan Bagi Pengurus dan Anggota PKK Kelurahan Sukorejo Kodya Semarang

Asih Kuswardinah, Dyah Nurani Setyaningsih, Saptariana Saptariana

Abstract


Tujuan kegiatan, untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan, cara mengantisipasi dan memberikan solusi hal yang berkaitan dengan masalah kenakalan anak usia remaja sampai dewasa bagi keluarga anggota PKK di Kelurahan Sukorejo, khususnya yang memiliki putera- puteri usia sekolah sampai dewasa. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan melalui penyuluhan, metode yang digunakan, ceramah, tanya jawab, demontrasi, diskusi. Jumlah peserta 29 orang terdiri dari pengurus dan anggota PKK kelurahan Sukorejo, kodya Semarang. Hasil menunjukkan, adanya peningkatan pemahaman etiket sehari, rata- rata sangat baik; Hal ini terlihat dari kegiatan diskusi aktif mereka, yang lebih lanjut, berharap ada penyuluhan lanjutan. Kesimpulan, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan: Meningkatkan Pemahaman Etiket Sehari- hari dan memiliki kontribusi yang tinggi bagi masyarakat setempat. Saran yang diberikan: Untuk ketua tim penggerak PKK Kelurahan Sukorejo: Mohon untuk terus meningatkan kinerja para penggerak PKK dimulai dari tingkat RW, karena mereka memiliki potensi yang tinggi untuk maju dan sebagai kader yang semangat dalam pemberdayaan anggota PKK untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan dan implementasi etiket bermasyarakat yang benar dan santun.

Keywords


pendidikan; etiket sehari- hari; pengurus dan anggota PKK

Full Text:

PDF

References


Bertens, H., & Bertens, J. W. (Eds.). (1994). Liminal postmodernisms: the postmodern, the (post-) colonial, and the (post-) feminist (Vol. 8). Rodopi.

Kuswardinah, A., & Setyaningsih, D. N. (2015). Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Sebagai Bangunan Karakter Anak Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1).

Kuswardinah, A. (2015). Peran LPTK Terhadap Pengembangan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Dan Implikasinya Bagi SDM PKK Dalam Implementasi Kurikulum 2013. penelitian-pendidikan, 434.

Kuswardinah, A. (2016). Determinan pembentuk keluarga sejahtera bagi keluarga miskin pedesaan di Kabupaten Wonosobo yang berbasis industri kreatif pangan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 247-259.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.