MODEL ANALISIS EVALUASI DIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU IPA DALAM MERANCANG PENGEMBANGAN LABORATORIUM DI SEKOLAH

E. Peniati, Parmin -, E. Purwantoyo

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan model analisis evaluasi diri laboratorium dan mengukur kemampuan mahasiswa dalam merancang pengembangan laboratorium setelah menerapkan model yang dikembangkan. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan. Sesuai hasil penelitian maka dapat disimpulkan model yang dikembangkan mendapatkan penilaian layak dan efektif diterapkan dalam perkuliahan pengelolaan dan teknik laboratorium IPA.

 


The research aims to develop a model of self-evaluation laboratory analysis and measure student ability in designing development laboratory after applying the developed model. The method used research and development. According to the results of research it can be concluded that the model was developed to get a decent assessment and effective management applied in the lecture and laboratory techniques Science.

Keywords

models, analysis of the self-evaluation, and laboratory

Full Text:

PDF

References

Enrique, J., Lopez, K., dan Richard, J. 2012. Self Regulated Learning Study Strategies and Academic Performance in Organic Chemistry. Journal of Research Science Teaching, 50 (6): 660-676.

Hartono. 2011. Pengajaran Praktikum IPA pada Lingkungan Pembelajaran Kombinasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (2): 73-83.

Hendawati, Y. 2007. Pengembangan Model Perkuliahan Pendidikan IPA pada Program Pendidikan Prajabatan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 1 (2). Sumber: http://jurnal.upi.edu/factum.

Kerlinger, F. N. 2000. Asas-asas Penelitian Behavioral. Terjemahan: Foundation behavioral research, oleh: Simatupang, L. R., & Koesoemanto, H. J. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmatan, H., Liliasari., dan Redjeki, S. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Biokimia Untuk Membekali Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1): 82-88.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2 (2): 68-73.

Suhartawan, B. 2004. Mengoptimalkan Pendekatan Keterampilan Proses IPA dalam Pembelajaran di Laboratorium. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2 (2): 45-56.

Sukmadinata, S. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa terhadap Budaya Lokal. Cakrawala Pendidikan, 29 (2): 189-203.

Susantini, E. 2010. Pengembangan Petunjuk Praktikum Genetika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2): 1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.