PEMBUATAN BUKU CERITA IPA YANG MENGINTEGRASIKAN MATERI KEBENCANAAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER

I. K. Setiawati, A. Rusilowati, Khumaedi -

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan buku cerita IPA yang mengintegrasikan materi kebencanaan alam untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Hasil yang diperoleh dalam uji kevalidan yaitu kategori sangat tinggi untuk dimensi materi dan tampilan, kategori tinggi untuk dimensi bahasa. Keterbacaan sudah sesuai dengan tabel konversi SMOG dengan diperkuat metode pertanyaan. Keberterimaan buku cerita IPA memperoleh kategori sangat tinggi. Keefektifan buku cerita IPA dapat meningkatkan literasi membaca pada kategori sedang.

 


The purpose of study to develop science books that integrate natural disaster materials for fourth grade students. This study is conducted by using a design research and development. The results obtained in the test validity of the other category of very high dimensional material and look, high category for the language dimension. Readability is in conformity with the SMOG conversion table with reinforced method of inquiry. Acceptance of science books category of very high gain. The effectiveness of science books can improve reading literacy in the medium category.

Keywords

Science Books, Natural Disaster, Reading Literacy, Character Formation

Full Text:

PDF

References

Basuki, I. A. 2011. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional dan Tes Lokal. Jurnal Bahasa dan Seni, 39 (2): 202-212. Tersedia di http://sastra.um.ac.id/ [diakses 12-09-2012].

Geske, A & Ozola, A. 2008. Factors Influencing Reading Literacy at The Primary School Level. Problems of Education in The 21st Century, 6 (1): 71-77. Tersedia di http://www.jbse. webinfo.lt [diakses 18-12-2012].

Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. Am. J. Phys, 66 (1): 64-74.

Harsubenowati. 2006. Pendidikan Karakter dan Pola Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 12 (1): 30-45. Tersedia http://isjd.pdii.lipi.go.id/ [diakses 18-12-2012].

Karniol, R. 2012. Storybook-Induced Arousal and Preschoolers’ Empathic Understanding of Negative Affect in Self, Others, and Animals in Stories. Journal of Research in Childhood Education, 26 (3): 346-358. Tersedia di http://infotrac.galegroup.com/ itweb [diakses 12-09-2012].

Lacina, J. & Mathews, S. 2012. Using Online Storybooks to Build Comprehension. Journal of Research in Childhood Education, 88 (3): 155-161.Tersedia di http://infotrac.galegroup. com/itweb [diakses 12-09-2012].

Mumpuniarti. 2012. Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3): 248-257.Tersedia di http://lppmp.uny.ac.id/ [diakses 18-12-2012].

Rampan, K.L. 2012. Dasar-dasar Penulisan Cerita Anak-anak. Kreatif Menulis Cerita Anak. Bandung: Nuansa.

Sahlan, A. & Prastyo, A.T. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharjana. 2012. Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (2): 189-201. Tersedia di http://lppmp.uny.ac.id/ [diakses 18-12-2012].

Suharsimi, A. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumardi. 2012. Bagaimana Menciptakan Cerita Anak yang Unggul. Kreatif Menulis Cerita Anak. Bandung: Nuansa.

Untari, M.F.A., Supriyabto, T & Mardikantoro, H.B. 2012. Pengembangan Cerita Anak Berwawasan Budi Pekerti Bagi Pendidikan Karakter. Primary Education, 12 (1): 1-5. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/ [diakses 12-10-2012].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.