IMPLEMENTASI METODE PENUGASAN ANALISIS VIDEO PADA MATERI PERKEMBANGAN KOGNITIF, SOSIAL, DAN MORAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kinerja mahasiswa dalam menyelesaikan tugas analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan rancangan one shot case study design. Subjek penelitian adalah 24 mahasiswa Program Pendidikan Biologi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2012. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai kinerja mahasiswa dalam menyelesaikan tugas analisis video adalah 80,94, rerata hasil belajar kognitif 78,54 dan sebagian besar mahasiswa (94,27%) memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode penugasan analisis video.
The purpose of this study is to describe the performance of students in completing the task of video analysis on the material of development of cognitive, social, and moral. This type of research is the design of pre experiment with one shot case study design. Subjects were 24 students of Biology Education Program, State University of Surabaya Force 2012. The results showed the mean value of the performance of students in completing the task of video analysis was 80.94, 78.54 average cognitive achievement and the majority of students (94.27%) responded positively to the implementation of learning with video analysis assignment method.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Carr, J. E., Fox, E. J. 2009. Using Video Technology to Disseminate Behavioral Procedures: A Review of Functional Analysis: A Giude For Understanding Challenging Behavior (DVD). Journal of Applied Bahavior Analysis, 42 (4):19-23.
Kristanto, A. 2011. Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/TV Program Studi Teknologii Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11 (1): 12 -22.
Martin, D. V. 1987. Use of Stimulated Recall in Video Tape Analysis of Student Teacher Development. Paper presented at Annual Meeting of America Association of Colleges for Teacher Education. Arlington, February 12 – 15, 1987.
Rahmatina. 2007. Penggunaan Permaianan dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 16 (1): 77-90.
Rich, P. J., & Hannafin, M. J. 2008. Decision and Reason: Examining Preservice Teacher Decision Making through Video Self-Analysis. Journal of Computing in Higher Education, 20 (1): 62-94.
Savola, L. T. 2008. Video-based Analysis of Mathematics Classroom Practice; Examples from Finland and Iceland. (ProQuest Dissertations and Theses).
Slavin, R. E. 2009. Educational Psychology Theory and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Trikusyanti, R.N., Ruwanto, B. 2010. Analisis Media pembelajaran Berbasis Komputer Produksi Pustekkom Depdiknas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Yogyakarta, 15 Mei 2010.
Wartawan, P.G. 2006. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PSE (Pendekatan Starter Eksperimen) terhadap Minat dan Prestasi Belajar pada Pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1).
Widodo, A. 2005. Analisis Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Video.Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA III Himpunan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia. Bandung, 22 – 23 Juli 2005.
Refbacks
- There are currently no refbacks.