PENGEMBANGAN BUKU AJAR MICROTEACHING BIOLOGI BERBASIS KOMPETENSI DAN KARAKTER KONSERVASI
Abstract
Target khusus penelitian ini adalah terbitnya buku ajar Microteaching berbasis Kompetensi dan Karakter Konservasi. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan buku ajar microteaching biologi yang dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi biologi. Pada uji validasi I didapatkan rerata persentase hasil penilaian 80,75 dengan kriteria sangat layak, dan pada uji validasi II diperoleh rerata persentase hasil penilaian sebesar 86.36% dengan kriteria sangat layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa buku ajar Microteaching berbasis Kompetensi dan Karakter Konservasi sangat layak digunakan untuk perkuliahan microteaching biologi.
Special target this research is publish book teaches Microteaching gets competence based and conservation of character. This research result is was resulted book teaches stated biological microteaching really reasonable by media expert and biology material expert. On validates I to be gotten by percentage average estimation 80,75 by criterions really reasonable, and on validates II. acquired percentage average usufruct estimation as 86.36% by criterions really reasonable be utilized. Conclusion of this research that book teaches Microteaching gets Interest basis and Conservation Character so reasonable be utilized for microteaching’s lecturing biological.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru Dan Supervisi Akademik Dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa PPS Universitas Medan (9) hal 201-214. Online at: http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-23935-Barinto.pdf. Diunduh pada 30 Oktober 2013.
Handoyo, E. & Tijan. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi. Semarang: Unnes
Jalmo. 2010. Pengembangan Program Pelatihan Peningkkatan Kompetensi Guru IPA SMP. Jurnal Forum Kependidikan (30) hal 79-89. Online at: http://forumkependidikan.unsri.ac.id/userfiles/Artikel%20Tri%20Jalmo-UNILA.pdf. Diunduh pada 30 Oktober 2013
[KEMENDIKNAS] Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur.
Pukan, K.K, Sri S., Dewi, M. 2012. The Implementation of Scientific Inquiry Learning Model To Increase The Critical Thinking Ability and Activities of The Students at SMPN 2 Semarang. Proceeding Seminar Nasional MIPA Unnes 2012. Semarang: FMIPA Unnes.
[UNNES] Universitas Negeri Semarang. 2011. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Semarang: Unnes
Rusilowati, A., Hartono, Supriyadi. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Better Teaching and Learning Berkarakter untuk Membekali Kompetensi Pedagogi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan.Vol.29 No.2 Hal.83-92. Semarang: LP2M Unnes
Subanji & Iskandar. 2010. Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Melalui Teachers Quality Improvement Program (TEQIP) Berbasis Lesson Study. Jurnal TEQIP (1) hal 1-10 Online at: http://teqip.com/download/jteqip/jurnal-1-11.pdf. Diunduh pada 30 Oktober 2013.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta
Widodo, A. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru-guru SD Melalui Lesson Study. Artikel. Online at: http://jurnal.upi.edu/file/Jurnal_Ari1.pdf. Dunduh pada 30 Oktober 2013
Yamin, M. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
b
Refbacks
- There are currently no refbacks.