PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEDERHANA EYE LENS TEMA MATA KELAS VIII UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan alat peraga sederhana eye lens, serta untuk mengetahui apakah alat peraga sederhana eye lens dapat menumbuhkan keterampilan proses sains peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Develompment yang dikemukakan oleh Sugiyono dan dibatasi sampai tahap pengembangan saja. Hasil validasi memperoleh persentase 95,37% untuk validasi materi dan 88,89% untuk validasi media dengan masing-masing kriteria sangat layak. Untuk uji coba pemakaian dilakukan pada 32 peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 5 Magelang, dengan hasil ketuntasan klasikal 87,5% yang menunjukkan alat peraga sederhana eye lens efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Kriteria keterampilan proses sains peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana eye lens ialah sangat baik.
This research aims to the characteristics and the feasibility of simple teaching aids eye lens, also to determine whether simple teaching aid eye lens can foster science process skill of learners. The research method in this study is Research and Development method from Sugiyono, this research is restricted until developmental stage only. The results of validation got percentage 95.37% for material validation and 88.89% for media validation with each of the criteria was very feasible. For the trial, 32 students from VIIIB SMP N 5 Magelang were given the treatment, with classical completeness results showed 87.5% which meant that this tool was effective to be used in the process of learning science. After receiving the treatment using eye lens, the results were very good. It can be concluded that there was an improvement of student’s science process skill by using eye lens.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, I. N. A. dan Prabowo. 2014. Pengembangan Alat Peraga BAndul Matematis untuk Melatih Keterampilan Proses Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana di Kelas XI SMAN 3 Tuban. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03 (02): 189-194. Tersedia di [diakses 06-08-2014].
Hartati, B. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 06(2010): 128-132. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id [diakses 08-10-2013].
Prasetyarini, A., Fatmaryanti, S.D. dan Akhdinirwanto, R.W. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga Sederhana IPA Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Radiasi 2 (1): 7-10. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/ [diakses 20-12-2013]
Semiawan, C., Tangyong, A.F., Belen, S. & Matahelemual, Y. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses (Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sidharta, A. & Yamin, W. 2013. Pengembangan Alat Peraga Sederhana Praktik (APP) IPA Sederhana Untuk Guru SMP. Bandung: P4TK IPA.
Sukarno, Permanasari, A. dan Hamidah, I. 2013. The Profile of Science Process Skill (SPS) Student at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER), 1(1): 79-83. Tersedia di www.ijser.in [diakses 20-12-2013].
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widayanto. 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui KIT Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia: 1-7. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id [diakses 01-08-2014].
Widiyatmoko, A. dan Pamelasari, S.D. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 51-56. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/ [diakses 20-12-2013].
Widiyatmoko, A. dan Nurmasitah, S. 2013. Designing Simple Technology as a Science Teaching Aids from Used Material. Journal of Enviromentally Friendly Processes, 1 (4): 27-31.
Yuniastuti, E. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Socioscientia Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 1(5): 31-38. Tersedia di http://kopertis11.net/ [diakses 01-01-2014].
Zaki, K.V., Khanafiyah, S. dan Khumaedi. 2013. Peningkatan keterampialn proses sains dan keterampialn social siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions berbasis eksperimen. Unnes Physics Education Journal, 2(2): 32-40. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/ [diakses 08-08-2013].
Refbacks
- There are currently no refbacks.