Penelitian Tindakan Kelas Penerapan Model Gallery Walk Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Pada Materi Descriptive Text Di Kelas X-Ips 2 Sman 5 Semarang

Grace Yeh Shiang, Ugi Lestari, Sri Suprapti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada tidaknya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis descriptive text dengan penerapan model gallery walk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian didasarkan pada permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dengan maksud memperbaiki pelaksaan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan penggunaan model gallery walk mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa  kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Semarang, penggunaan model gallery walk mampu meningkatkan keterampilan kogniitf siswa ke las X IPS 2 SMA Negeri 5 Semarang., penggunaan model gallery walk mampu meningkatkan keterampilan menulis descriptive text siswa kelas X IPS 2.

Keywords

Model Gallery Walk, Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran.Jakarta. Departemen Pendidikan

Nasional

Arikunto, S, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara..

Asmani, Jamal Ma’mur, 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Lampiran Permendiknas no 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta:

Effendi dkk. 2008. Developing English Competencies for Senoir High School Grade X. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Francek, Mark. 2006. Promoting Discussion in the Science Classroom Using Gallery Walk: A Journal of College Science Teaching.Http://blog.stetson.edu/jrseminars/wp-content/uploads/Gallerywalk.pdf.

Glass, Kathy Tuchman.2005.Curriculum Design for Writing Instruction. California: Corwin Press

Harmer. 2004. How to Teach Writing. (Malaysia: Pearson Education Limited).

Ismail. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang:

Rasail Media Group.

Komilasari, 2015. Penerapan model gallery walk untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karya seni rupa murni pada siswa kelas iv sdnegeri 01 petanjungan kabupaten pemalang

Marini. 2012. efektifitas penggunaan metode “gallery walk” dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran bahasa arab di madrasah tsanawiyah al-fatah tarakan. Makassar.Unhas.

Taylor, P. 2001. Gallery Walk, http://www.cct.umb.edu/gallerywalk.html.

Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Dialih bahasakan oleh Sarjuli dkk. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM.

Surabaya: Pustaka Belajar

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiati, Utami dkk. 2016. Bahasa Inggris. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/descriptive-text-dalam-bahasa-inggris.aspx


View Counter: Abstract - 1859 and PDF - 1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.