Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 1 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 6 Subtema 2 SDIT Savana Islamic School
Abstract
Proses pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran seharusnya disesuaikan dengan beberapa panduan yang telah diatur dalam peraturan menteri pendidikan tentang Kurikulum 2013 yang sedang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) muatan pelajaran Bahasa Indonesia Tema 6 Subtema 2 SDITÂ Savana Islamic School Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 6 RPP tematik kelas 1 pada Tema 6 subtema 2 dengan fokus analisis terhadap muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, tabel kelengkapan komponen, sistematika penyusunan komponen RPP dan pedoman penelaah RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dibuat oleh guru kelas 1 SDITÂ Savana Islamic School Tema 6 subtema 2 memperoleh rata-rata skor 75 dengan kategori sesuai, namun beberapa komponen belum sesuai dengan pedoman penyusunan RPP yang terdapat pada Permendikbud nomor 22 tahun 2016.
The process of developing a Lesson Plan should be adjusted to the guidelines set out in the current minister of education regulation. This study aims to determine the results of the analysis of the Lesson Plan (RPP) document for the content of Indonesian Language Theme 6 Subthemes 2 SDIT Savana Islamic School 2019/2020 Academic Year. This study uses data sources as many as 6 thematic RPPs grade 1 on Theme 6 subtheme 2 with a focus on analysis of Indonesian language content. The research method used in this research is descriptive qualitative. The instrument used was the researcher himself, the component completeness table, the systematic preparation of the components of the lesson plan and the guidelines for the review of the lesson plan. The results showed that RPP made by grade 1 elementary school teacher SDIT Savana Islamic School Theme 6 obtained an average score of 75 with the appropriate category, but some components were not in accordance with the guidelines for the preparation of the RPP contained in Permendikbud number 22 in 2016Keywords
Full Text:
PDFReferences
Komariah, A.& Djam’an, S. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompe- tensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda.
Kemdikbud (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gov (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gov(2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gov(2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gov (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gov(2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gov (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Pelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
View Counter: Abstract - 3164 and PDF - 2607
Refbacks
- There are currently no refbacks.