Penerapan Metode Diskusi MGMP Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMAN 1 Sampara dan SMAN 1 Bondoala

La Sumai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui optimalisasi metode diskusiMGMP Sekolah. Penelitian juga bertujuan mengetahui efektivitas pelaksanaan diskusi (MGMP) sekolah pada guru-guru kelas X dalam meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SMAN 1 Sampara dan SMAN 1 Bondoala. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua dan tiga kali  pertemuan. Melihat nilai rata-rata yang diperoleh  dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen yang di observasi maupun yang dinilai, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan diskusi kelompok kerja guru dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Berdasarkan keberhasilan tersebut disarankan kepada guru-guru di SMAN 1 Sampara dan SMAN 1 Bondoala agar lebih mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan memperbanyak variasi metode pembelajaran dalam penyusunan skenario pembelajaran maupun dalam  pelaksanaan pembelajaran.                                

The purpose of this study was to improve the ability of teachers to utilize the school environment as a learning resource through optimizing the School MGMP discussion method. The study also aims to determine the effectiveness of the implementation of school discussion (MGMP) for class X teachers in increasing the ability of teachers to utilize the school environment as a learning resource at SMAN 1 Sampara and SMAN 1 Bondoala. This research was designed in the form of School Action Research which was carried out in two cycles, where each cycle was carried out in two and three meetings. Looking at the average value obtained from the results of the analysis, it can be concluded that from cycle I to cycle II, there was an increase in the average value obtained from each of the components observed and assessed, which means coaching and guidance through a work group discussion approach. teachers can increase the ability of teachers to utilize the school environment as a learning resource. Based on this success, it is recommended that teachers at SMAN 1 Sampara and SMAN 1 Bondoala optimize the use of the school environment as a learning resource by increasing the variety of learning methods in the preparation of learning scenarios and in implementing learning.

Keywords

Discussion Method; MGMP; Teacher Ability

Full Text:

PDF

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Didaktika 12(2).

Alwi, A.M. (2015). Kegiatan Modeling Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara 2(2), 33-41.

Anderson, R. (1987). Pemilihan dan Pengem-bangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Zaman, B. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Buku Materi Pokok PGTK 2304. Modul 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ekowati, E. (2001). Stategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.

Kasianto, I., W., (2004). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok. Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan

Rusyan, T., (2001). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.

Sarman, S., (2005). Implementasi Pendekatan Works Based Learning pada Sumber Belajar Masyarakat dalam Pembelajaran IPS-Ekonomi. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Tanama, Y.J. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan. 14(11).


View Counter: Abstract - 127 and PDF - 140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.