Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Metode Team Based Project dengan pendekatan Active Learning pada Mata Kuliah Dasar Epidemiologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Dasar Epidemiologi Materi Desain Penelitian Epidemiologi melalui metode Team Based Project dengan Active Learning bagi mahasiswa Semester II Prodi Kesehatan Masyarakat Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa Semester II Prodi Kesehatan Masyarakat Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 53 orang. Objek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah metode Team Based Project dengan model Active Learing, aktivitas belajar mahasiswa yang kurang dan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Adapun langkah-langkahnya mulai dari perencanaan, implementasi, observasi sampai dengan refleksi. Teknik analisis yang digunakan teknik deskriptif komparatif, yang dilanjutkan dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Team Based Project dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Dasar Epidemiologi materi Desain Penelitian Epidemiologi bagi Semester II Prodi Kesehatan Masyarakat Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini nampak dari kondisi awal keaktifan belajar mahasiswa yang rendah ke kondisi akhir keaktifan belajar mahasiswa yang meningkat. Pemanfaatan metode Team Based Project dengan Model Active Learning pada materi Desain Epidemiologi dapat meningkatkan hasil Semester II Prodi Kesehatan Masyarakat Tahun Pelajaran 2020/2021, dari kondisi awal nilai rerata hasil belajar mahasiswa adalah 85 ke siklus II (kondisi akhir) nilai rerata hasil belajar mahasiswa adalah 90. Ini berarti hasil belajar siswa dari kondisi awal ke kondisi akhir meningkat dengan Delta sebesar 12.
This study aims to increase the activities and learning outcomes of Basic Epidemiology of Epidemiology Research Design Materials through the Team Based Project method with Active Learning for Semester II students of the Public Health Study Program for the 2020/2021 academic year. The subjects studied were the second semester students of the Public Health Study Program for the academic year 2020/2021, totaling 53 people. The object of this Classroom Action Research is the Team Based Project method with an Active Learning model, lacking student learning activities and student learning outcomes. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR) or Classroom Action Research with two cycles. The steps start from planning, implementation, observation to reflection. The analysis technique used was a comparative descriptive technique, followed by reflection. The results showed that the Team Based Project media could increase activities and learning outcomes of Basic Epidemiology for Epidemiology Research Design materials for Semester II of Public Health Study Program for the 2020/2021 Academic Year. This can be seen from the initial condition of low student learning activity to the final condition of increasing student learning activity. The use of the Team Based Project method with the Active Learning Model in Epidemiology Design material can improve the results of Semester II of the Public Health Study Program for the 2020/2021 academic year, from the initial condition the average value of student learning outcomes is 85 to cycle II (final condition) the average value of student learning outcomes is 90. This means that student learning outcomes from the initial condition to the final condition increased by 12.00%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiwijaya. (2015). Collaborative Problem Solving (CPS). Universitas Telkom: Bandung.
Shintawati, A. (2008). Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Keaagamaan Husnul Khotimah, Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat Tahun Ajaran 2007/2008 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dimyati & Moedjiono. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Hamdani. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Puastaka setia.
Mayona, E. L., Irawati, I., (2010). Penerapan Model Team Based Learning pada Mata Kuliah Pengantar Pengelolaan Pembangunan. (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas), Bandung).
Michaelsen, L. K., Sweet, M., & Parmelee, D. X. (Eds.). (2011). Team-Based Learning: Small Group Learning's Next Big Step: New Directions for Teaching and Learning, Number 116 (Vol. 103). John Wiley & Sons.
Michaelsen, L. K., & Sweet, M. (2008). The essential elements of team‐based learning. New directions for teaching and learning, 2008(116), 7-27.
Nelson, L. M. (1999). Collaborative problem solving. Instructional design theories and models: A new paradigm of instructional theory, 2(1999), 241-267.
Saeudin, Rd. Rohmat, (2016). Hibah Metode Pembelajaran dengan pendekatan Active Learning dan Group Mentor. Universitas Telkom: Bandung.
Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Waluya, T., (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Pewarisan Sifat dengan Media Kartu Dogen. Jurnal Profesi Keguruan, 1 (1), 18-28.
View Counter: Abstract - 656 and PDF - 708
Refbacks
- There are currently no refbacks.