Penggunaan Kolaborasi Strategi Peer-Assesment Dan Talking To Learn Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi strategi peer-assessment dan talking to learn dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ipa materi sistem tata surya. Model Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan Action Research dengan metode one-shot case study. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Fithrah yang berlokasi di Kelurahan Meteseh, Tembalang, Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Fithrah Semarang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan kolaborasi strategi peer-assessment dan talking to learn dapat meningkatkan berpikir kritis pada siswa. Hal ini terlihat melalui terdapatnya nilai n-gain meskipun dalam kategori rendah, yakni sebesar 0,26. Dalam penerapannya, peer assessment selalu beriringan dengan proses peer review. Proses peer review melibatkan siswa dalam mencari mencari dan mengidentifikasi kekurangan argumen. Kemudian, peer review juga melatih siswa dalam mensintesis argumen yang baik.
This study aims to determine the influence of peer-assessment strategy collaboration and talking to learn in improving students' critical thinking skills in solar system material science subjects. The research model is conducted using Action Research approach with one-shot case study method. This research was conducted at MTs Al Fithrah located in Meteseh Village, Tembalang, Semarang. The subject of this study was a grade VII student of MTs Al Fithrah Semarang. The results revealed that the application of peer-assessment and talking to learn strategy collaboration can improve critical thinking in students. This can be seen through the n-gain value even in the low category of 0.26. In its application, peer assessment always goes hand in hand with the peer review process. The peer review process involves students in finding and identifying shortcomings of arguments. Then, peer review also trains students in synthesizing good arguments.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budimansyah, D. (2002). Modal Pembelajaran dan Penilaian. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Cahyani, N., Hasnunidah, N., & Sikumbang, D. (2018). Pengaruh Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(5), 1-11.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis, Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Division D, Measurement and Research Methodology.
Hikmasari, P., Asih, T. S. N., & Prabowo, A. (2020). Bagaimanakah Audience Feedback Mempengaruhi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah? Studi dalam PBL dengan Lingkungan Blended Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 194-203.
Kennedy, Geoffrey J. (2006). Peer-assessment in Group Projects: Is it Worth it?. [Online]. Tersedia: erpit.com/.../CRPTV42Kennedy.pdf
Majduddin, K. (2010). Peer Assessment Alternative to Traditional Testing. Teheran: University of Tehran.
Pertiwi, A, Hasnunidah, N., & Lengkana, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 22-31.
Prabowo, A., & Juandi, D. (2020). Analisis situasi didaktis dalam pembelajaran matematika berbantuan ICT pada siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 1-12.
Prihatin, Z. U., Karmana, I. W., & Hajiriah, T. L. (2021). Pengaruh Problem Based Writing with Peer Review (PW-PR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 253-260.
Rusman. (2010). Model- Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok: Rajawali Press
Thornbury. (2005). How To Teach Speaking. New York: Pearson Education Limited
Winarti, E.R., Waluya, S.B, dan Rochmad. (2018). Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning dengan Peer Feedback Activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197-207
View Counter: Abstract - 386 and PDF - 412
Refbacks
- There are currently no refbacks.