Hubungan Profesionalisme dan Literasi Guru dengan Implementasi Kurikulum 2013

Arif Setiya Pramono

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis (1) hubungan profesionalisme dengan implementasi Kurikulum 2013, (2) hubungan literasi guru dengan implementasi Kurikulum 2013, dan (3) menganalisis hubungan profesionalisme dan literasi guru secara bersama-sama dengan implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional untuk mencari dan mempelajari hubungan 2 (dua) variabel atau lebih tanpa melakukan perubahan terhadap variabel-variabel tersebut. Variabel dalam penelitian yaitu variabel bebas X1 (kompetensi profesional), X2 (literasi guru), dan variabel terikat Y (implementasi Kurikulum 2013). Sampel dalam penelitian sebanyak 72 orang guru kelas diambil dengan teknik simple random sampling. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara Profesionalisme dengan Implementasi Kurikulum 2013, (2) ada hubungan yang signifikan antara Literasi Guru dengan Implementasi Kurikulum 2013, dan (3) ada hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara profesionalisme dan literasi Guru dengan implementasi Kurikulum 2013.

This study aims to analyze (1) the relationship between professionalism and the implementation of the 2013 Curriculum, (2) the relationship between teacher literacy and the implementation of the 2013 Curriculum, and (3) to analyze the relationship between professionalism and teacher literacy together with the implementation of the 2013 Curriculum. This study uses correlational quantitative research. to find and study the relationship of 2 (two) or more variables without making changes to these variables. The variables in the study are the independent variable X1 (professional competence), X2 (teacher literacy), and the dependent variable Y (implementation of the 2013 curriculum). The sample in the study was 72 classroom teachers taken by simple random sampling technique. From the results of data analysis it is concluded that (1) there is a significant relationship between Professionalism and 2013 Curriculum Implementation, (2) there is significant relationship between Teacher Literacy and 2013 Curriculum Implementation, and (3) there is a significant relationship the same between professionalism and teacher literacy with the implementation of the 2013 Curriculum

Keywords

Implementasi Kurikulum 2013; Profesionalisme; Literasi Guru

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arini, I. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 10 Bandar Lampung. Lampung: Program Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi Universitas Lampung.

Asiyah. (2014). Peningkatan Keteladanan Akhlak Mulia dan Kompetensi Pendidik dalam Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional dan Temu Alumni “Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa”. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Creasy, K.L. (2015). Defining Professionalism in Teacher Education Programs. Journal of Education & Social Policy, 2(2), 23-25.

Danim, Sudarwan. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Dalma, M.A. (2021). Literasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, dan Contoh. [Online]. Tersedia: https://dosenpintar.com/pengertian-literasi/. (20 Maret 2021).

Eliyanto, U.W. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34-47.

Fithrorozi. (2017). Survey UNESCO: Minat Baca Orang Indonesia Terpuruk. [Online]. Tersedia: https://kominfo.belitungkab.go.id/2017/04/26/survey-unesco-minat-baca-orang-indonesia-terpuruk/. (11 November 2019).

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: B-P UNDIP.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gong, G.A dan Irkham, A. M. (2012). Gempa Literasi dari Kampung untuk Nusantara. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Hasan, S.H. (2016). Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Imran. (2010). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.

Kemdiknas. (2010). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 1: Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemdiknas Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Press.

Kurniatun, Taufani C. dan Suryana, A. (2016). Kepemimpinan Manajemen Pendidikan Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kurniawati, A. (2013). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Malang. Malang: Masters (S2) Thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media.

Mansyur, M., Rahamma, T., dan Fatima, J.M. (2013). Kemampuan Literasi Media Visual Siswa dan Keberhasilan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 11 Pare-Pare. Jurnal Komunikasi Kareba, 4, 379 – 385.

Marsh, C.J. (2009). Key Concepts for Understanding Curriculum (4th ed). New York. Routledge.

Masykur, M.R.. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Kepribadian Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Pohjantrek dan SMPN 2 Kraton Kabupaten Pasuruan. Malang: Program Magister PAI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim.

Mendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 37 tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mendiknas. (2007). Permendiknas Nomor 16 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Minayugie, A.T. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Malang. Malang: Tesis-Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Direktorat Program Pascasarjana UMM.

Mudlofir, A. (2013). Pendidikan Profesional (Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munawarrah, Hj. (2012). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkajene Kabupaten Sindenreng Rappang. Makasar: Tesis Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Noviatmi, A. (2015). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas I dan IV SD di Kabupaten Magelang tahun Pelajaran 2014/2015. Yogyakarta: Tesis Magister Program Pascasarjana UNY.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran RI Tahun 2005. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Permadi, D. dan Arifin, D. (2010). The Smiling Teacher: Perubahan Motivasi dan Sikap dalam Mengajar. Bandung: CV. Nuansa Aulia.

Presiden. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun tentang Standar Nasional Pendidikan.

Retnawati, H dan Mulyatiningsih, E. (2016). Evaluasi Program Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ritonga, P. (2016). Urgensi Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di MIS Nurul Siti Aisyah Ishak Delitua. Sumatera Utara Medan. Tesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan.

Rugaiyah dan Sismiati, A. (2011). Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Ageng. (2015). Implementasi Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sukoharjo. Masters Thesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20, 166-178.

Shin, M. (2012). “Whole Teacher” Crisis: Examining Pre-service Student Teachers’ Perceptions of Profesionalism. International Journal of Education, 4(4), 134-143.

Suciati (2016). Difusi Inovasi Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukarelawati, E. (2017). Menurut Mendikbud, Budaya Baca Indonesia Tertinggal Empat Tahun. [Online]. Tersedia: https://nasional.kompas.com/read/2017/03/22/1907379/menurut.mendikbud.budaya.baca.indonesia.tertinggal.empat.tahun. (12 November 2019).

Sumiati, T. (2014). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Kelurahan Tanah Sereal. Jakarta: Tesis Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Supriyanto, A. (2014). Kronologi Kurikulum 2013. [Online]. Tersedia: https://www.republika.co.id/berita/kemendikbud/berita-kemendikbud/14/12/08/ng9bi6-seputar-keputusan-mendikbud-tentang-penghentian-kurikulum-2013. (9 April 2020).

Suyadi & Dahlia. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uje. (2016). Uji Kompetensi Guru Kian Jadi Momok Bagi Guru di Banjarnegara. [Online]. Tersedia: https://radarbanyumas.co.id/uji-kompetensi-guru-kian-jadi-momok-bagi-guru-di-banjarnegara/.

(05 Oktober 2020).

Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Press.

Uran, L.L. (2018). Evaluasi Implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK Se-kaupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22, 1-11.

Wahyudin. (2013). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, 14, 73 – 79.

Wardani, IGAK. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru Kajian Konseptual dan Operasional. Jurnal Pendidikan, 13, 32 – 44.

Wardani, I.G.A.K. (2016). Filsafat Pendidikan Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wibawa, B., Mahdiyah, dan Dahlan, JA. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wibowo, A, (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wurinanda, Iradhatie. (2015). Rata-Rata Nilai UKG di Bawah Standar. [Online]. Tersedia: https://news.okezone.com/read/2015/12/30/65/1277618/rata-rata-nilai-ukg-di-bawah-standar. (05 Oktober 2020).


View Counter: Abstract - 400 and PDF - 352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.