Hubungan Antara Kemampuan Guru SD dalam Penilaian Autentik dan Pemanfaatan TIK dengan Implementasi Kurikulum 2013

Siti Rofiah

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis (1) hubungan antara penilaian autentik dengan implementasi Kurikulum 2013, (2) hubungan antara pemanfaatan TIK guru SD dengan implementasi Kurikulum 2013, dan (3) hubungan antara penilaian autentik dan pemanfaatan TIK secara bersama-sama dengan implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SD Negeri di Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Data dianalisis dengan melakukan uji asumsi klasik yakni uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas selanjutnya uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Kesimpulan dari analisis data tersebut yaitu (1) ada hubungan antara penilaian autentik dengan implementasi Kurikulum 2013, (2) ada hubungan antara pemanfaatan TIK dengan implementasi Kurikulum 2013, dan (3) ada hubungan antara penilaian autentik dan pemanfaatan TIK secara bersama-sama dengan implementasi Kurikulum 2013.

The purpose of this study is to analyze (1) the relationship between authentic assessment and the implementation of the 2013 Curriculum, (2) the relationship between the use of ICT for elementary school teachers and the implementation of the 2013 curriculum, and (3) the relationship between authentic assessment and the use of ICT together with the implementation of the curriculum. 2013. The type of research used in this study is quantitative correlation. The population in this study were elementary school teachers in Punggelan District, Banjarnegara Regency. The data were analyzed by performing the classical assumption test, namely normality test, heteroscedasticity test, and multicollinearity test, then t test, F test, and the coefficient of determination. The conclusions from the data analysis are (1) there is a relationship between authentic assessment and the implementation of the 2013 curriculum, (2) there is a relationship between the use of ICT and the implementation of the 2013 curriculum, and (3) there is a relationship between authentic assessment and the use of ICT together with implementation. 2013 curriculum.

Keywords

Implementasi Kurikulum 2013; Penilaian Autentik; Pemanfaatan TIK Guru Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Anwas, O. M. (2013). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, 17(1).

Arifin, Z. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Budimansyah, D. (2013). Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Portofolio. Bandung: Genesindo.

Daniel, J. (2012). ICT dan Pembelajaran (Kurikulum untuk sekolah dan Program Pengembangan Guru) terjemahan dari Information and Communication Teknology in Education (A Curriculum for Schoolsand Programme of Teacher Devolepment). Jakarta: Referensi.

Fullan, M.G. (2007). Scool Devolepment: The News Meaning of Educational Change. New York: Teachers Collage Press.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsari, A.R. (2019). Analisis Kemampuan guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 di SD Muhamadiyah Baturan. Surakarta: UMS

Hasan, S.H.. (2016). Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media.

Marsh, C.J. (2009). Key Concepts for Understanding Curriculum (4th ed). New York: Routledge.

Moria, Elva; Refnaldi; dan M. Zain. (2017). Using Authentic Assessment to Better Facilitate Teaching and Learning. Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 148, 333-335.

Munir. (2009). Konstribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globaliasasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendiidkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 1-4.

Musfiqon dan Murdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Muslich, Masnur. (2011). Authentik Assesment (Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi). Bandung: Refika Aditama.

Nurgiyantoro. (2011). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(2), 114-125.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 67 ahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SD/MI

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No 104 Tahun 2013 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemdikbud. (2016). Modul Pembatik Level 2 Implementasi (Pembelajaran Berbasis TIK). Jakarta: Pustekkom Kemdikbud

Restiyani, R; Juanengsih,N; dan Herlanti, Y. (2014). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media dan Sumber Pembelajaran oleh Guru Biologi. Jurnal Edusains, 6(01), 50-56.

Robbins, Stephen P & Timothy A. Judge. (2008). Perilaku Organisasi Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sabon, S.S. (2012). Potensi TIK dalam Meningkatkan Daya Tampung LPK Bagi Guru dalam Jabatan di Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18 (3), 254-263.

Susani, Rosendi Galih. (2018). The Implementation Of Authentic Assessment In Extensive Reading. Internasional Journal of Education Universitas Pendidikan Indonesia, 11(1).

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2016). Teknik Sampling dan Penentuan Jumlah Sample. [Online] Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/289657773_Teknik_Sampling_dan_Penentuan_Jumlah_sampel (24 April 2020)

Wahyudin dan Jarnawi A.D. (2016). Statistika Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wibawa, B; Mahdiyah; dan Dahlan, J.A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yulaelawati, Ella. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka.


View Counter: Abstract - 266 and PDF - 389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.