Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Parikan Dengan Model Cermin Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis parikan pada mata pelajaran Bahasa Jawa pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 11 Purworejo. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII E SMP Negeri 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 32 Siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dua pertemuan. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data melalui lembar observasi untuk data keaktifan siswa serta lembar evaluasi untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan komparatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan Model Cermin dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menulis parikan. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil dari 63,75 pada kondisi pra siklus menjadi 85,30 pada akhir siklus II.
This study aims to improve the ability of students to write parikan in Javanese language subjects in class VIII E SMP Negeri 11 Purworejo. This research was conducted on 32 students of class VIII E SMP Negeri 11 Purworejo in the 2019/2020 academic year, consisting of 16 male students and 16 female students. This Classroom Action Research was carried out in two cycles with each cycle being carried out in two meetings. The research procedure for each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation, evaluation and reflection. Collecting data through observation sheets to get the level of student activity and evaluation sheets to determine the improvement of students' abilities. The data obtained were analyzed descriptively qualitatively with a comparative approach. The results of the study show that learning with the Mirror Model can increase students' activeness and ability in writing parikan. This is evident from the increase in yield from 63.75 in the pre-cycle condition to 85.30 at the end of the second cycle.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sabarti, A. (1986). Buku materi pokok Menulis I. Jakarta: Karunika.
Departeman Pendidikan Nasional. (2002). Pendekatan Kontekstual (CTL). Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. (2006). Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa. Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah.
Suwardi, E. (2002). Winih Semi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nurbaiti. (2012). Ketrampilan Menulis Narasi. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Andalas.
Prasasti, T. I. (2018). Pembelajaran Parikan (Pantun Jawa) dalam Kearifan Lokal Budaya Jawa sebagai Pembentuk Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 5(2).
Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Tengan No. 57 Tahun 2013.
Rustiyah. (1985). Strategi belajar mengajar. Jakarta Bina Aksara.
Safri, U. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Make–A Match Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Jenaka Oleh Siswa Kelas Viii Smp Swasta Thawaalib. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 30-47.
Sardanto (1990). Kasusastran Jawi. Sukoharjo: Cendrawasih.
Sedyowati, E. (2001). Sastra Jawa Suatu Tinjauan Umum. Jakarta: Balai Pustaka.
Subalidinata. (1994). Kawruh Kasusastran Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
Tarigan, H. G. (1981). Menulis Sebagai suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wardani, IG.A.K. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka.
Windarti. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Kartu Arisan. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 183-192.
View Counter: Abstract - 257 and PDF - 222
Refbacks
- There are currently no refbacks.